MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

Soal Un Bahasa Indonesia Sma Yang Harus Diperhatikan

soal UN Bahasa Indonesia SMA

mulyadi471 tentang 6 Soal Un Bahasa Indonesia Sma yang Harus Diperhatikan – UN adalah sebuah ujian yang dilakukan sebagai salah satu syarat untuk menentukan kelulusan seorang siwa/i SMA. Salah satu pelajaran yang paling banyak membutuhkan fokus adalah bahasa indonesia. Di dalam bahasa indonesia ini banya sekali pertanyaan menjebak. Oleh karena itu dibutuhkan suatu tips menyelesaikan soal bahasa indonesia dan perbanyak latihan dalam mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia SMA. Soal UN bersumber dari Materi pelajaran Bahasa Indonesia SMA yang tentunya telah dipelajari di sekolah dan juga berkaitan dengan RPP bahasa indonesia yang telah dibuat oleh guru Bahasa Indonesia.

Di bawah ini sudah ada 6 soal UN yang harus di perhatikan dan di pelajari oleh anda. Selain harus anda perhatikan maka pertanyaan ini juga harus di praktekan secara langsung oleh anda. Jangan sampai hanya menatapnya saja tanpa ada aksi. Semuanya bisa anda lewati ketika bisa mencobanya untuk di selesaikan sendiri. Dengan begitu pasti anda bisa langsung mengerti pada saat UN aslinya.

Contoh Soal UN Bahasa Indonesia Sma

Soal UN Bahasa Indonesia Sma no. 1

Organisai PBB mengatakan khawatir akan harga beras yang bisa saja naik tahun depan karena kejadian defisit beras di afrika yang cukup besar hingga 10 juta ton. (2) fenomena tersebut tentu akan mempengaruhi pasar beras di indonesia. (3) ancaman sangat jelas terlihat ketika defisit beras di afrika turun sekian ton, ancamannya itu terdapat pada penurunan beras internasional yang mana akan membuat negara di seluruh dunia berebut untuk mendapatkan beras tersebut. (4) pada akhirnya negara yang memiliki pengahasil beras seperti vietnam, india, indonesia, thailand, itu akan dengan hati-hati menjaga hasil berasnya. Mereka jelas sangat memikirkan kebutuhan yang paling utama di negara sendiri.
Cari yang merupakan kata tidak baku bisa anda temukan kalimat diatas…
A.1 dan 2
B.2 dan 4
C.3 dan 5
D.1 dan 4
E.2 dan 3

Soal UN Bahasa Indonesia Sma no. 2

Baca paragraph di bawah!
Liverpool merupakan salah satu dari tujuh club Eropa yang diduga UEEA melanggar Financial Fair Play. Dalam 2 periode bursa transfer pemain dan pelatih ini ternyata mereka memiliki jatah untuk rugi. Hal tersebut sudah ada peraturannya, jadi kerugian yang paling besar ketika transfer itu hanya bisa mencapai 35,4 juta poundsterling. Liverpool menyatakan mendukung kebijakan FFP dan akan bersikap koperatif.
Dua kata yang penulisannya tidak sesuai dengan kaidah EYD pada teks tersebut adalah ….
A.Club, maximal
B.Maximal, periode
C.Transfer, kooperatif
D.Periode, transfer
E.Kooperatif, club

Soal UN Bahasa Indonesia Sma no. 3

Kepala sekolah memberi tugas kepada wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk menghadiri rapat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota hari Senin, 7 Oktober 2013.
Inti dari memo di atas adalah ….
A.Mohon mewakili saya hadir di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota untuk rapat dinas.
B.Ada undangan rapat yang harus Saudara hadiri menggantikan saya di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota.
C.Mohon untuk hadir di rapat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota, hari Senin 7 Oktober 2013
D.dimohon hadir hari Senin, 7 Oktober 2013 untuk menggantikan saya.
E.Saya berharap Saudara dapat menghadiri rapat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota, Senin tanggal 7 Oktober 2013 di aula selatan.

Soal UN Bahasa Indonesia Sma no. 4

Pembunuhan ini sangat mengerikan. Punggung dan kepala kedua anaknya ditemukan luka bacok, lalu yang menjadi korban mutilasi tersebut adalah istrinya sendiri. Kekerasan dan mutilasi yang terjadi ini ternyata masih menimbulkan pertanyaan. pasalnya uang dalam lemari korban yang berjumlah 50 juta tidak hilang. kejadian ini bertempat di jalan rasuna said yang di perkirakan terjadi pada jam setengah sembilan.
Paragraf di atas berisi laporan tentang ….
A.Kegiatan
B.Kejadian
C.Kunjungan
D.Penelitian
E.Pengamatan

Soal UN Bahasa Indonesia Sma no. 5

Baca surat berikut!
Dayu mohon maaf karena pada hari Raya ini tidak dapat pulang.Hal ini disebabkan setelah hari Raya Dayu menghadapi ujian semester.Dayu berharap Bapak dan Ibu memahami dan mendoakan Dayu mendapat nilai yang memuaskan.
Penggalan yang sesuai dengan surat diatas adalah…
A.Bapa dan ibu mengetahui akan ada ujian
B.Dayu tidak pulang saat hari raya dan tidak pulang
C.Harapan agar Bapak dan Ibumemaklumi Dayu tidak bisa pulang.
D.Permohonan maaf Dayu tidak dapat pulang hari raya karen ada ujian semester.
E.Dayu tidak akan pulan ke bali karena ujian

Soal UN Bahasa Indonesia Sma no. 6

Pasangan suami istri yang baru menikah itu ternyata diketahui sebagai kaki tangan penjajah, maka dari itu mereka mendapatkan perlakuan dan rasa tidak senang dari masyarakat sekitar.
Perubahan makna peyoratif di atas adalah
A.Suami-istri
B.Baru menikah
C.Warga desa
D.Kaki tangan
E.Pasangan baru

Bagaimana? Apakah anda sudah memiliki gambaran tentang soal-soal UN Bahasa Indonesia SMA? Pastikan anda jangan sampai terkecoh oleh soal bahasa indonesia. Soal yang paling banyak menjebak itu dari soal jenis cerita atau paragraph. Anda di sana akan membutuhkan konsentrasi penuh untuk menjawabnya. Semoga contoh soal di atas dapat dijadikan pelajaran untuk menambah wawasan di sekitar materi bahasa Indonesia SMA. Demikan artikel ini dibuat, Semoga bermanfaat, terima kasih.

Baca Juga :

RPP BAHASA INDONESIA 1 lembar SMA KELAS 11 Semester 2:  Karya Ilmiah (Download)

RPP BAHASA INDONESIA 1 lembar SMA KELAS 11 Semester 2: Persiapan mementaskan drama (Download)

RPP BAHASA INDONESIA 1 lembar SMA KELAS 11 Semester 2: Penokohan dalam drama (Download)

RPP BAHASA INDONESIA 1 lembar SMA KELAS 11 Semester 2: Pementasan drama (Download)

MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *