MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

Tips menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia SMA Dengan cepat

Soal Bahasa Indonesia SMA

mulyadi471– Tips menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia SMA Dengan cepat- Berdasarkan RPP bahasa Indonesia  tingkat SMA maka terdapat beberapa materi ajar yang harus dipelajari dan dituntaskan sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh Kemendikbud. Dari beberapa materi tersebut terciptalah beberapa soal yang harus dijawab. Apakah kamu sudah siap untuk mengerjakan semua bahan materi. Pelajaran ini kurang mendapat perhatian murid karena, alasannya tentu saja karena kita merasa sudah bisa karena digunakan sebagai bahasa sehari-hari.
Oleh sebab itu, sebagian dari kita merasa lebih penting untuk belajar bahasa asing yang kita anggap lebih rumit atau lebih keren dibandingkan bahasa ibu kita sendiri. Padahal untuk menguasai penggunaan tata bahasa yang tepat dalam Bahasa Indonesia itu lumayan sulit.

Tips Cepat menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia SMA

Ada tips cepat untuk kamu bisa mengerjakan Soal Bahasa Indonesia SMA dengan mudah. Simaklah tips tips berikut ini :

Kenali Konteks Materi

Langkah awal sebelum memulai menerjakan Soal Bahasa Indonesia SMA kamu harus paham dan mengerti dulu materi yang akan dites dan diujikan, pada umumnya di antaranya paragraf (wacana); karya sastra (prosa, drama, puisi); surat; tata bahasa (ejaan, tanda baca, imbuhan, kalimat); pidato; karya tulis (laporan ilmiah, jurnal ilmiah); dan iklan/poster. Pembahasan lebih lanjut akan dijelaskan setelah tips-tips ini selesai dibahas.
Banyak Membaca dan Menyerap Informasi dari Berbagai Media
Kamu harus banyak membaca buku teks pelajaran bahasa Indonesia, dan juga banyak menyerap informasi/berita dari berbagai media, seperti televisi, radio, maupun internet. Mengapa? Soal yang berhubungan dengan teks wacana pada umunya nggak jauh-jauh dari berita yang lagi marak saat ini (teksnya up to date); misalnya tentang bencana banjir, maraknya perdagangan anak di Indonesia, atau berita seputar hukum dan kriminal. Percaya, deh, soalnya nggak jauh-jauh dari itu.

Meringkas Materi

Meringkas materi memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu meringkas akan mempermudah kalian mengingat informasi/hal-hal penting berkaitan dengan isi teks/wacana. Selain itu, meringkas akan mempermudah kita menyimpulkan isi teks di dalam Soal Bahasa Indonesia SMA.

Baca buku Tata Bahasa (EYD & KBBI)

Dengan baca buku ini, kamu akan dapat menjawab soal-soal dengan mudah , yaitu yang berkaitan dengan pemakaian tanda baca, penulisan kata serapan yang tepat, penulisan lambang bilangan, serta juga nama geografis. Sehingga kamu bisa mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan ketatabahasaan (linguistik).

Banyak Latihan Soal

Hal ini sangat penting dilakukan, karena dengan banyak berlatih soal, kalian akan dapat dengan mudah melatih memori mengingat hal-hal yang berkaitan dengan soal tersebut. Jangan lupa, perhatikan juga kurikulum yang berlaku dalam buku tersebut (pilih yang terbaru!).Hal ini membantu kamu dalam mengerjakan Soal Bahasa Indonesia SMA.
Banyak berlatih teknik membaca skimming dan scanning

Seringlah latihan membaca skimming

Apa beda skimming dan scanning? Skimming digunakan untuk memperoleh informasi dalam wacana (bacaan) sedangkan scanning digunakan untuk membaca tabel, grafik, dan jadwal perjalanan.

Tipe Soal Bahasa Indonesia SMA

Ada beberapa contoh tipe soal bahasa Indonesia yang sering muncul dalam soal Bahasa Indonesia SMA, yaitu sebagai berikut.

Paragraf

Materi ini mencakup menentukan ide pokok paragraf, gagasan utama + gagasan penjelas, menentukan kalimat untuk melengkapi paragraf, menyusun paragraf padu, dan pertanyaan yang berhubungan dengan paragraf tersebut.
Khusus untuk soal ini, kalian tidak perlu menghabiskan waktu berlama-lama untuk membaca seluruh isi teks karena waktunya akan habis terbuang hanya untuk membaca teks itu. Cukup dengan memperhatikan judul dan kalimat utama paragraf tersebut (biasanya ada di paragraf pertama kalimat pertama). Gimana kalo ternyata kalimat utamanya ada di tengah-tengah atau akhir paragraf? Ingat, gunakan teknik membaca skimming (membaca sekilas dan cepat untuk mengetahui isi pokok bacaan). Hal ini akan menghemat waktu kalian untuk mengerjakan soal. Jangan lupa, pake juga teknik 5W + 1H (What, Why, Who, When, Where, dan How). Keenam kata kunci ini bakal ngebantu kalian ngejawab soal.

Karya Satra(Prosa, Puisi, dan Drama)

Dalam menjawab pertanyaan mengenai ini di soal Bahasa Indonesia SMA, kalian tidak hanya memerlukan nalar, tetapi juga naluri. Mengapa? Karena jawaban dari pertanyaan soal yang berhubungan dengan karya sastra tidak selamanya tersurat (tertulis), melainkan juga tersirat (tidak tertulisan.

Surat tata Bahasa dan Ejaan

Seperti yang dikatakan dalam pengantar, membaca buku tata bahasa akan membantu kita mengerjakan soal-soal. Demikian juga dengan soal-soal yang berkaitan surat, tata bahasa, dan ejaan. So, sering-seringlah baca buku tersebut.

Pidato Diskusi dan Wawancara

Pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan soal jenis ini adalah seputar pikiran utama pidato, kalimat tanggapan diskusi, dan kalimat melengkapi teks wawancara. Untuk jenis soal ini, kalian gunakan teknik membaca cepat (skimming) dan juga banyak berlatih mengerjakan soal dari modul atau kumpulan soal Bahasa Indonesia SMA

Karya Tulis

Materi ini mencakup : Laporan Pengamatan, Laporan Ilmiah, dan Laporan Kunjungan. Jenis pertanyaan yang sering muncul berkaitan dengan hal ini antara lain: struktur laporan, kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan, dan ciri-ciri laporan. Tips: banyak membaca artikel dari surat kabar atau internet (khusunya mengenai laporan ilmiah)! Soal mengenai karya tulis bisa dilihat pada link berikut:

Fakta dan Opini

Bagaimana membedakan fakta dan opini? Fakta sifatnya objektif dan nyata (benar-benar terjadi), sedangkan opini sifatnya subjektif dan relatif (belum tentu sesuai kenyataan/belum pasti kebenarannya). Pertanyaan mengenai ini sering muncul sebagai soal Bahasa Indonesia SMA

Petunjuk pemakaian Sesuatu

Biasanya yang sering muncul di soal ini adalah melengkapi kalimat petunjuk pemakaian sesuatu atau petunjuk pemakaian sesuatu yang disusun secara acak. Tips: bacalah dengan teliti (baca dengan saksama petunjuk tersebut, dan temukan kata kunci yang mengindikasikan untuk memulai sesuatu).

Jadwal Perjalanan Tabel Dan Grafik

Untuk menyelesaikan soal jenis ini, gunakan teknik membaca memindai/membaca tatap (scanning); tujuannya untuk memperoleh informasi dengan sangat cepat. Soal Bahasa Indonesia SMA sering menampilkan soal semacam ini.

Menemukan Persamaan dan Perbedaan Isi teks

Gunakan teknik membaca layap (skimming) untuk memperoleh informasi dalam kedua teks bacaan. Selain itu, ingat rumus 5W+1H untuk memperoleh kata kunci yang bisa mempermudah menjawab soal.

Kalau selama ini kita sering mendengar kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, kali ini trik tersebut tidak berlaku dalam mengerjakan soal Bahasa Indonesia SMA. Fokus pada soal yang membutuhkan pemahaman lebih tinggi dulu baru kerjakan soal yang lebih mudah. Mengapa demikian, Karena sisa waktu yang lebih sedikit akan cukup mengerjakan soal mudah yang tersisa dibandingkan kita menjadi panik karena harus membaca berulang kali soal yang lebih sulit.
UN yang semakin dekat tentu butuh persiapan yang lebih ekstra, tapi selalu ingat juga untuk work smart not just work hard. Sangat jelas kan tips tips diatas untuk dapat menyelesaikan soal bahsa Indonesia dengan mudah .
Selain itu, ulasan lengkap diatas juga memberitahukan informasi tentang macam-macam dan jenis materi apa yang pada umumnya keluar di dalam Ujian Bahasa indonesia. Semoga dengan membaca dan memperlajari informasi ini memudahkan kamu dalam mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia SMA. Selamat belajar, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :

RPP BAHASA INDONESIA 1 lembar SMA KELAS 11 Semester 2:  Karya Ilmiah (Download)

RPP BAHASA INDONESIA 1 lembar SMA KELAS 11 Semester 2: Persiapan mementaskan drama (Download)

RPP BAHASA INDONESIA 1 lembar SMA KELAS 11 Semester 2: Penokohan dalam drama (Download)

RPP BAHASA INDONESIA 1 lembar SMA KELAS 11 Semester 2: Pementasan drama (Download)

MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *