MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

Sarjana Teknik Kimia Dan Prospek Kerjanya

sarjana teknik kimia dan prospek kerjanya

Sarjana teknik kimia mempunyai peluang atau prospek kerja yang baik. Ada beberapa prospek kerja yang menjanjikan dapat dijumpai diberbagai bidang pekerjaan.  Antara lain bisa menjadi seorang pebisnis, tenaga pakar di bidang produk kosmetik, PNS, Guru dan dosen.  Selain itu bisa menjadi pakar teknik industri makanan maupun industri minyak dan gas. Untuk lebih jelasnya ada baiknya kita kenali dulu apa itu teknik kimia?. Teknik kimia ialah cabang ilmu pengetahuan yang pelajari suatu proses pengolahan dari bahan mentah. Artinya pengelolahan produk separuh jadi ataupun produk jadi.  Yang mana produk tersebut mengandung nilai komersil lebih mahal dari sebelumnya. Dengan memakai proses proses respon kimia maupun transformasi sifat wujud serta kimia dari bahan mentah. Lulusan untuk jurusan teknik kimia akan menyandang gelar insinyur atau sarjana teknik( ST).

Pada dasarnya lulusan Teknik kimia tentunya  berfokus pada proses pengolahan dari bahan mentah ke produk siap gunakan dalam jumlah sebanyak banyaknya dengan memakai bahan mentah dalam jumlah sedikit. Bila anda masih ragu dalam mengambil jurusan ini sebab khawatir terhadap masa depan serta khawatir gajinya kecil.  Saat ini anda jangan ragu pada jurusan ini terutama bagi siswa SMA jurusan IPA. Pendapat Studi dari National Association of Colleges and Employees( NACE) pada tahun 2013 . Kemudian berkata kalau sarjana Teknik kimia jadi salah satu profesi dengan pemasukan paling tinggi di dunia. Jadi apa saja  kesempatan kerja bagi sarjana jurusan teknik kimia tersebut? Antara lain bagaikan berikut:

Seseorang pebisnis

Anda tidak harus bimbang buat mencari kerja ke situ kemari. Sebab seseorang lulusan sarjana teknik kimia bisa membuka kesempatan usahanya sendiri. Yups… anda bisa jadi seseorang pebisnis dalam bidang insdustri makanan, minuman serta sebagainya. Tetapi, Sangat diperlukan keahlian serta keahlian spesial dalam membuat produk makanan serta minuman yang siap dimakan serta mendistribusikannya. Pasti saja kemampuan dalam mempraktekkan sifat fisis, microbiologi, teknik kimia serta sebagainya sangatlah diperlukan. Buat permasalahan pendapatan bisa disesuaikan dengan usaha serta kerja kerasmu. Bila produk makanan serta minuman yang anda buat bisa menarik atensi konsumen. Tentu saja anda akan memperoleh Laba atau Profit begitu besar.

Tenaga pakar di bidang produk kosmetik

Petumbuhan industri kosmetik di indonesia sangat tumbuh pesat. Petumbuhan ini di dorong oleh permintaan pasar sangat tinggi dari pasar dalam negeri serta luar negara. Gajinya juga sangat beragam antara 3 jutaan sampai 5 juta rupiah. Informasi ini cukup menggembirakan untuk seseorang lulusan sarjana teknik kimia. Sebab di dalam suatu industri kosmetik pastinya sangat memerlukan lulusan teknik kimia buat memastikan komposisi yang cocok. Selain itu ramah area dalam memproduksi produk kosmetika berbentuk bedak, perona rambut, lotion, cat kuku serta sebagainya.

Pegawai negara sipil

Lulusan sarjana teknik kimia pula dapat bekerja menjadi pegawai negara sipil. Sekiranya dianjurkan anda wajib menjajaki proses pilih penerimaan calon pegawai negara sipil di tiap wilayah. Bagaikan seseorang PNS, nantinya anda akan ditempatkan di bagian pengawas obat serta makanan, departemen kesehatan serta sebagainya. Gajinya lumayan bermacam- macam. Bila anda baru saja bekerja, memungkinkan gajinya berkisar antara 2, 5 juta– 3 jutaan rupiah perbulan. Pendapatan bulanan akan bertambah bersamaan dengan status jabatan serta lamanya masa jabatan.

Jadi guru serta dosen

Sarjana teknik kimia dapat juga menjadi seseorang dosen.  Serta tenaga pengajar di sekolah sekolah menengah atas serta kejuruan baik negara ataupun swasta. Bila anda punya niat ingin menjadi tenaga pengajar di sekolah, hingga anda akan di tempatkan menjadi guru mata pelajaran kimia. Bila anda akan jadi guru kimia di sekolah negeri,dimungkinkan banyak proses juga wajib anda lakukan. Seperti halnya dalan rangka mencari informasi penerimaan CPNS. Sebaliknya guru kimia di sekolah swasta, anda bisa mencari tahu informasi akan kebutuhan sekolah tersebut terhadap guru mata pelajaran kimia. Spesial dosen, tentunya terlebih dahulu anda wajib melanjutkan pembelajaran ke jenjang yang lebih tinggi seperi S2,S3,Magister,dan DR. Pendapatan guru teknik kimia bisa membiasakan dengan UMR di wilayah masing masing. Sebaliknya dosen S2 teknik kimia berkisar antara 3 juta sampai 6 jutaan per bulan.

Tenaga pakar di industri minyak serta gas

Untuk seseorang lulusan teknik kimia, bekerja di suatu industri minyak serta gas merupakan  impiannya. Normal saja, karena adanya kemauan memperoleh pendapatan yang besar antar 5 jutaan sampai belasan juta rupiah per bulan. Beberapa industri yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri yang menerima sarjana lulusan teknik kimia. Seperti antara lain Baker Hughes, Medco, Baker Hughes, Halliburton, Exxon Mobil, Chevron serta sebagainya.

Tenaga pakar industri makanan

Tidak hanya jadi seseorang pebisnis, kesempatan kerja teknik kimia pula sangat terbuka lebar paling utama di industri makanan. Sarjana teknik kimia sangat diperlukan di bidang industri pangan paling khususnya wanita. Tugasnya bisa meliputi banyak perihal diawali dari proses pengolahan makanan, pemilihan bahan baku. Selanjutnya memperoleh produk bermutu, proses pengawetan sampai ke sesi pengemasan. Penghasilan bagi sarjana lulusan teknik kimia di bagian industri makanan biasanya bergantung dari besar UMR yang diterapkan pemerintah wilayah setempat. Tapi pada dasarnya berkisar antara 3 juta rupiah – 6 juta rupiah per bulannya.

Baca juga

Kesimpulannya

Secara universal, berapa pendapatan lulusan teknik kimia di indonesia? Bila dihitung secara rata rata, pendapatan lulusan teknik kimia kuarng lebih terletak di angka Rp 3. 452. 191.  Tapi perlu diperhatikan bahwa besarnya gaji juga tergantung dari perubahan struktur perekonomian suatu Negara. Misalnya di Indonesia, besarnya gaji, banyak ditentukan oleh nilai mata uang terhadap mata uang luar negeri. Semakin tinggi nilai tukar mata uang maka memungkinkan semakin tinggi jumlah gaji tersebut. Arti sederhananya pada tahun 1980-an gaji satu juta itu dianggap sangat besar. Jadi nilai nominal gaji itu tergantung situasi maupun kondisi Negara pada saat ini.

Kabar ini diperoleh dari informasi karyawan lulusan sarjana teknik kimia serta bermacam sumber terpecaya. Tetapi, butuh dicermati kalau besaran pendapatan seseorang sarjana teknik kimia bisa dipengaruhi tempat dia bekerja. Besarnya UMR di masing masing wilayah serta sebagainya. Seperti itu tadi pembahasan pendek prospek kerja teknik kimia serta pendapatan di masa mendatang.

MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

2 Replies to “Sarjana Teknik Kimia Dan Prospek Kerjanya”

  1. Secara universal, berapa pendapatan lulusan teknik kimia di indonesia? Bila dihitung secara rata rata, pendapatan lulusan teknik kimia kuarng lebih terletak di angka Rp 3. 452. 191

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *