MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah SAW di Madinah

RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2

RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah SAW. di Madinah, yang admin buat berdasarkan Surat Edaran Kemendikbud Nomor 14 Tahun 2019.  Namun sebelumnya  kami mengucapkan mohon maaf untuk para Bapak/Ibu Guru. Format RPP ini  hanyalah sebuah Prediksi dari RPP satu lembar yang kami susun, selanjutnya silahkan dikembangkan Sesuai dengan kebutuhan lembaga maupun lingkungan sekolah.

RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2  ini terdiri dari 3  pertemuan tatap muka di kelas dalam proses belajar mengajar.

RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah SAW. di Madinah, memiliki indikator, tujuan pembelajaran dan media pembelajaran serta Sumber Belajar. Adapun Sumber pembelajaran yang kami gunakan yakni sebagai berikut :

  • Buku PAI Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016
  • Buku refensi yang relevan,
  • Lingkungan setempat
  • Internet di situs website resmi https://www.mulyadi471.com

 Kegiatan pembuatan RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah SAW. di Madinah   merupakan kegiatan yang dilakukan dengan membuat rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian langkah – langkah dalam proses pembelajaran  untuk mecapai satu kompetensi dasar (KD). Dalam pembuatan RPP juga merupakan langkah awal sebagai persiapan guru PAI sebelum masuk ke kelas.

Akuntabilitas pembuatan RPP

Salah satu tugas guru PAI yaitu merencanakan proses pembelajaran dengan cara membuat RPP berdasarkan silabus. Membuat RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah SAW. di Madinah   merupakan bentuk tanggung jawab guru PAI dalam melaksanakan topiknya.

Nasionalisme pembuatan RPP

Dengan membuat RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah SAW. di Madinah   maka guru PAI telah melalakukan terbentuknya perwujudan sikap disiplin sebagai salah satu nilai dalam nasionalisme. Artinya guru PAI mematuhi peraturan yang telah ditetapkan dalam permendikbud nomor 22 tahun 2016, mengenai standar dan proses pendidikan dasar menengah.

Komitmen mutu RPP

Salah satu tujuan pembuatan RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah SAW. di Madinah   yaitu sebagai acuan guru PAI dalam melaksanakan proses pembelajaran agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien.

Analisis dampak pembuatan RPP

Apabilan nilai akuntabilitas tidak diterapkan pada kegiatan proses belajar menagajar maka guru PAI tidak dapat mempertanggung jawabkan salah satu tugas utamanya yaitu menyusun RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah SAW. di Madinah.

Tanpa menerapkan nilai nasionalisme akan membuat peserta sebagai guru PAI melakukan tindakan tidak disiplin karena melanggar aturan dalam permendikbud nomor 22 tahun 2016 mengenai kewajiban setiap pendidik menyusun RPP. Selain dari pada itu jika tidak menerapkan nilai komitmen mutu akan berdampak pada pelaksanaan proses pembelajaran yang tidak maksimal sebab proses tersebut tidak berjalan secara terarah, efektf dan efisien.

Dampak adanya RPP segala rencana aktualisasi dapat dituangkan dalam tulisan yang terstruktur sehingga kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk megoptimalkan penggunaan media pembelajaran visual dapat terorganisisir dengan efektif dan efisien. Selain itu, dengan adanya RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah SAW. di Madinah   maka persiapan PAI dalam mengoptimalkan media pembelajaran visual dalam kelas menjadi siap dengan mengikuti langkah – langkah pembelajaran yang tertuang dalam RPP. Sebaliknya tanpa pembuatan dan penggunaan RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah SAW. di Madinah   maka kegiatan aktualisasi dan hal pengoptimalan penggunaan media pembelajaran visual menjadi tidak terstruktur. Selain itu, guru PAI tidak memiliki persiapan yang matang karena tidak adanya rencana kegiatan yang disusun sebelumnya serta pemakaian waktu dalam proses belajar mengajar menjadi tidak efisien.

RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah SAW. di Madinah   yang kami buat tentunya berlandaskan kompetensi dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian halnya dengan RPP ini telah melalui proses reiew terhadap guru PAI yang ada di sekolah kami serta saran –saran perbaikan yang dilakukan dengan cermat.

Selengkapnya  tentang  RPP  ini. Silahkan download  RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah SAW. di Madinah    (Download).

Silahkan download  RPP lainnya :

RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah SAW. di Mekah (Download).

RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Hikmah Ibadah Haji, Zakat dan Wakaf dalam Kehidupan (Download).

RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Al-Qur’an dan Hadis adalah Pedoman Hidupku (Download).

RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan (Download).

RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Mempertahankan Kejujuran sebagai Cermin Kepribadian (Download).

 

Kami menyadari betul bahwa RPP ini 100 % belum bisa dikatakan sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan untuk perbaikan yang mengarah pada kesemprnaan. Kritik dan saran – saran yang sifatnya produktif dari pembaca dan pengguna sangat kami nantikan untuk perbaikan di masa yang akan datang.

Demikian RPP PAI 1 lembar SMA Kelas 10 Semester 2 tentang Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah SAW. di Madinah  , di atas yang kami bagikan.  Semoga dapat  membantu bapak dan ibu guru dalam membuat dan melengkapi administrasi kegiatan proses belajar mengajar pada tingkat satuan pendidikan, dan jika website  ini berguna dan bermanfaat bagi teman-teman guru maka kami menyarankan untuk mengshare ke teman-teman guru yang belum mengetahui situs https://www.mulyadi471.com. Terima kasih dan wassalam.

MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *