Pengertian Dan Sejarah Ilmu Ekonomi

pengertian dan sejarah perkembangan ilmu ekonomi

Pengertian dan sejarah ilmu ekonomi merupakan salah satu materi pembelajaran ekonomi, khususnya Siswa SMA pada jurusan IPS. Dalam artikel ini akan dibahas tentang pengertian ilmu kemudian dilanjutkan dengan pengertian ilmu ekonomi. Pengertian tersebut berdasarkan dari berbagai pakar ekonomi atau ahli ekonomi seperti Richard G. Lipsey, N.Gregory Mankiw, Robert B Ekelund Jr dan Rober D. Tollison serta Paul A Samuelson. Kemudian dari itu dibahas juga tentang sejarah perkembangan ekonomi mulai sejak abad 18.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Kata ekonomi merupakan kata yang sering kita dengar, kita baca dan kita gunakan dalam kehidupan keseharian. Contohnya, golongan ekonomi lemah, kesulitan ekonomi, pertumbuhan ekonomi dan sebagainya.

Kata “ekonomi” berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang artinya “keluarga atau rumah tangga” dan νόμος (nomos), yang artinya “peraturan, aturan, hukum,”.  Secara sederhanya kedua kata itu artinya “manajemen rumah tangga”. Kalau orang yang menggunakan teori dan konsep serta data ekonomi dalam melakukan pekerjaan dinamakan ahli ekonomi atau ekonom.

Istilah ekonomi di atas berkaitan dengan kontruksi social Aristoteles tetang “realistis”. Menurut pandangan ini, seluruh warga Negara harus merasa nyaman dan diterima sebagaimana yang dirasakan di rumahnya sendiri. Dalam konteks ini, bagi orang yunani kuno, masalh ekonomi hanya terkait dengan perasaan nyaman seseorang karena kebutuhan pribadinya terpenuhi.

sesuai dengan adanya perkembangan atau perubahan zaman, persoalan ekonomi masa kini merupakan masalah umum. Masalah ekonomi menjadi topik yang banyak dibicarakan orang, mulai dari masyarakat awam sampai dengan politikus yang membuat anggaran serta menetapkan berbagai kebijakan fiskan dan kebijakan moneter.

Karena ekonomi telah menjadi perhatian public, maka lahirlah istilah “ilmu ekonomi”. Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, ilmu adalah pengetahuan mengenai suatu bidang study yang disusun secara sistematik sesuai dengan metode tertentu, yang dipergunakan untuk menerangkan fenomena tertentu di bidang (pengetahuan) itu.  Sementara itu ekonomi berkaitan dengan asas-asas produksi, distribusi sdan pemakaian barang-barang serta kekayaan, seperti dalam hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan.

Rumusan pengertian ekonomi  oleh ahli ekonomi

Ada beberapa rumusan yang membahas tentang pengertian ekonomi yang dikemukakan oleh para ahli/pakar ekonom.  Rumusan-rumusan yang mereka sampaikan antara lain sebagai berikut :

Richard G. Lipsey

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana memanfaatkan sumber daya yang langka dalam rangka memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

N.Gregory Mankiw

Ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka.

Robert B Ekelund Jr dan Rober D. Tollison

Ilmu ekonomi adalah ilmu mempelajari cara individu dan masyarakat yang  mempunyai keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas demi memenuhi keinginan mereka.

Paul A Samuelson

Ilmu ekonomi merupakan studi tentang bagaimana cara orang-orang dan masyarakat menentukan pilihan. Apakah menggunakan uang maupun tidak memakai uang, terhadap pemakaian sumber daya produksi yang terbatas. Akan tetapi produksi tersebut dapat dimanfaatkan dalam berbagai cara untuk menciptakan berbagi jenis komuditas. Kemudian  mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi pada saat ini maupun  dimasa yang akan datan. Tentunya kepada semua kelompok orang atau segala kelompok dalam masyarakat.

Berbagai pengertian maupun definisi yang dikemukakan para pakar ekonomi tersebut. Jelaslah bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usah manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas atau langka.

Ilmu ekonomi juga berkaitan  tentang  sikap manusia dalam menentukan dan menciptakan kesejahteraan. Inti permasalahan ekonomi yakni tardapatnya ketidakseimbangan antara pemenuhan kebutuhan manusia. Artinya tidak seimbang antara jumlah kebutuhan manusia dengan alat pemuas kebutuhan.  Kebutuhan manusia tentunya tidak terbatas jumlahnya sedangkan alat yang digunakan untuk memuaskan kebutuhan manusia jumlahnya terbatas. Permasalahan inilah yang mengakibatkan terjadinya kelangkaan.

Sejarah perkembangan ilmu ekonomi

Adam Smith sering disebut sebagai orang yang pertama kali mengembangkan tentang ilmu ekonomi.  Pada sekitar abad 18, ilmu ekonomi sebagai satu cabang tersendiri dalam ilmu pengetahuan. Melalui karyanya besarnya Wealth of Nations, Adam Smith berusaha mencari tahu tentan informasi sejarah perkembangan terhadap negara-negara di Eropa. Sebagai seorang ahli  ekonomi, Smith memperhatikan akar moralitasnya terutama yang tercantum dalam The Theory of Moral Sentiments. Perkembangan sejarah tentang teori ilmu ekonomi selanjutnya melahirkan tokoh-tokoh seperti Karl Marx, Alfred Marshall, J.M. Keynes, hingga pemenang hadiah Nobel dibidang Ekonomi pada tahun 2006, Edmund Phelps.

Secara Umum, perkembangan mashab pemikiran dalam ilmu ekonomi dimulai oleh apa yang disebut sebagai aliran klasik. Aliran ini  dipelopori oleh Adam Smith ini menekankan pentingnya invisible hand dalam mengurus pembagian sumber daya, sedangkan  peranan pemerintah menjadi sangat dibatasi karena dianggap akan mengganggu proses ini. Konsep invisble hand ini selanjunya direpresentasikan sebagai poses mekanisme  pasar tentang harga sebagai instrumen utamanya.

Pada tahun 1930-an Aliran klasik mengalami kegagalan. Hal ini karena terjadi Depresi, yang menunjukkan bahwa pasar tidak sanggup bereaksi atas gejolak di pasar saham.

Adanya situsi tersebut, Keynes menunjukkan teori dalam karyanya. Karya itu dituangkan dalam  bukunya General Theory of Employment, Interest, and Money dengan pernyataan bahwa pasar tidak selamanya dapat menciptakan keseimbangan, dan oleh sebab itu intervensi pemerintah mutlak  dilakukan suapaya distribusi sumber daya mencapai tujuannya. Kedua  aliran tersebut lalu saling “bertarung” dalam lingkup ilmu ekonomi dan menghasilkan berbagai macam varian dari keduanya yakni sebagai berikut: new classical, neo klasik, new keynesian, monetarist, dan lain sebagainya

baca juga

39 Replies to “Pengertian Dan Sejarah Ilmu Ekonomi”

  1. Walaikumsalam wr.wb
    terima kasih pak, yang selalu memberikan kami pengetahuan. dan lamjutkan berkarya demi kemajuan generasi bangsa.
    anas salim ips 1

  2. Terimah kasih pak ilmunya
    Semoga sangat bermanfaat bagi kami
    Sukses selalu
    Nama :Asri Mardani
    Kelas:12 ips 2

  3. Terimah kasih pak ilmunya
    Semoga sangat bermanfaat bagi kami
    Sukses selalu
    Nama :Asri Mardani
    Kelas:12 ips 2

  4. Ilmu ekonomi merupakan studi tentang bagaimana cara orang-orang dan masyarakat menentukan pilihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *