Pembangunan Ekonomi

pembangunan ekonomi

Pembangunan Ekonomi- Pembangunan yang dirasakan selama ini sudah Nampak merata dan tidak lagi terpusat. Selain itu tidak lagi mengutamakan pertumbuhan ekonomi dan telah diimbangi oleh kehidupan sosial, politik, hukum, dan ekonomi yang demokratis. Sebagaimana yang kita alami beberapa tahun yang lalu karena adanya pembangunan yang terpusat atau tidak merata. Sebagai akibatnya, negara Indonesia harus membayar mahal karena krisis tersebut meluas hingga mengancam kelangsungan kehidupan bangsa dan negara. Oleh karena itu, reformasi pembangunan ekonomi dan segala bidang dilakukan dengan tujuan untuk bangkit kembali memperteguh kepercayaan diri dan melakukan langkah-langkah penyelamatan, pemulihan, pemantapan, dan pengembangan pembangunan ekonomi dengan paradigma baru Indonesia dengan masa depan. Adanya reformasi ini dimaksudkan untuk mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Namun dalam perjalanannya reformasi yang telah dikemas sedemikian rupa ini tidak dapat berjalan mulus karena banyaknya faktorfaktor penghambat.

Dalam perjalanannya reformasi yang berwawasan kedaulatan dalam rangka mewujudkan reformasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 mengalami hambatan dan tidak bisa berjalan mulus karena banyak kendala-kendala yang ada. Salah satu bentuk kendala yang paling memprihatinkan adalah terjadinya krisis moral dalam diri masyarakat. Sebagai akibatnya bermunculan isu KKN, lunturnya semangat nasionalisme yang mengancam pada persatuan dan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, pergerakan reformasi ini perlu diawasi agar supaya dapat berjalan sesuai maksud semula. Dengan demikian negara Indonesia dapat membangun kembali pembungana ekonomi secara merata di seluruh tanah air. Dan bukan hanya untuk satu golongan saja tetapi untuk seluruh masyarakat Indonesia secara keseluruhan, sehingga masyarakat benar-benar dapat merasakan adanya perbaikan taraf hidup yang berkeadilan sosial.

Pengertian Pembangunan

Pembangunan nasional adalah serangkaian usaha pembangunan  berkesinambungan terutama pembangunan ekonomi yang mencakup segala kehidupan rakyat, bangsa dan negara. Pembangunan ini harus berdasarkan dengan tujuan nasional yang termaktub dalam isi pembukaan UUD 1945.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah suatuproses yang bertujuan untuk menaikkan PDB suatunegara atau daerah melebihi tingkat pertumbuhan penduduk.

Menurut Michael P. Todaro, pembangunan harus dipahami sebagai proses multi-dimensi yang melibatkan perubahan besar dalam struktur sosial, perilaku umum dan organisasi rasional dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengurangi  tingkat  kesenjangan dan pemberantasan tingkat kemiskinan secara absolut.

Menurut Prof. Denis Goulet, ada tiga nilai inti pembangunan yang membuat hidup lebih baik:

  • Rezeki kehidupan
  • Harga diri
  • Kebebasan dari perbudakan

Menurut Prof. Dudley Seers, suatupembangunan ekonomi dikatakan berhasil apabila pendapatan per kapita masyarakat meningkat, tingkat pengangguran berkurang dan kesenjangan antara kaya dan miskin mengecil.

baca juga :

Tujuan Pembelajaran Materi Ekonomi Sma

Apa Itu Sistem Pembayaran?

 Faktor-faktor yang Memengaruhi Pembangunan Ekonomi

Faktor-faktor yang dipandang oleh ahli ekonomi sebagai halhal yang memengaruhi pembangunan ekonomi adalah:

  • Tanah dan kekayaan alam
  • Kuantitas dan kualitas penduduk dan tenaga kerja
  • Kepemilikan barang modal dan penguasaan teknologi
  • Sistem sosial dan sikap masyarakat

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

  1. Indikator Moneter, antara lain pendapatan per kapita dan indikator kesejahteraan ekonomi seperti pengelolaan APBD dan APBN
  2. Indikator NonMoneter, antara lain indikator sosial dan indeks kualitas hidup
  3. Indikator campuran mencakup indikator SusenasInti dan Indeks Pembangunan Manusia

Unsur-Unsur Pembangunan Ekonomi

  1. Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses, artinya bahwa pembangunan ekonomi merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dengan maksud untuk melakukan perubahan dibidang perekonomian agar supaya menjadi lebih baik lagi.
  2. Pembangunan ekonomi dilakukan untuk meningkatkan pendapatan nasional bruto (PNB) dan pendapatan perkapita, sebagai sebagai dasar penilaian berhasil tidaknya pembangunan ekonomi.
  3. Kenaikan pendapatan nasional bruto (PNB) dan pendapatan perkapita yang merupakan tolok ukur terjadinya pembangunan ekonomi berlangsung dalam jangka panjang..

Pembangunan Ekonomi Negara Berkembang Dan Negara Maju

Pembangunan Ekonomi Negara Berkembang Negara sedang berkembang (development country), adalah negara yang pendapatan perkapitanya kurang dari $ 300.

Karakteristik pelaksanaan pembangunan ekonomi  negara berkembang.

Produsen Barang Pokok atau Primer

ekonomi negara berkembang memiliki struktur pada umumnya agraris, dan umumnya pendapatan nasionalnya didominasi oleh sektor, pertanian, perkebunan, dan hasil tambang serta hasil hutan.

Masalah Kependudukan

Masalah pertumbuhan penduduk tinggi, pengangguran, kesehatan, pendidikan, pendapatan perkapita, lingkungan dan masalah-masalah sosial lainnya.

Sumber Daya Alam Belum  Banyak Di Manfaatkan

Terbatasnya kemampuan sumber daya manusia (tenaga kerja), modal, dan teknologi yang dimiliki belum dapat di gunakan untuk mengolah sumber daya alam, seperi kualitas tenaga kerja rendah, kurangnya modal, dan rendahnya teknologi.

Kualitas Penduduk dan Kurangnya Modal

Untuk meningkatkan kualitas penduduk perlu adanya penyelenggaraan pendidikan, dan pelatihan, dengan demikian lambat laun kualitas tenaga kerja meningkat.

Perdagangan Luar Negeri

Terbatasnya kemampuan dalam mengolah sumber daya alam menjadi produk yang lebih berguna, maka hasil produknya ekspor ke luar negeri, masih produk mentah.

Pembangunan Ekonomi Negara Maju Negara maju

adalah negara yang memiliki pendapatan perkapita diatas $ 10.000,00.

Karakteristik pembangunan ekonomi di Negara maju

  1. Ekonomi Negara maju memiliki struktur yang didominasi oleh Industri. Artinya Pendapatan nasional di Negara maju lebih besar berasal dari sektor industry
  2. Modal dan Teknologi Teknologi yang digunakan dan dikuasai adalah teknologi tinggi, sehingga produktivitas tinggi.
  3. Pola Pertambahan penduduk di negara maju relatif lambat, pola hidup mereka lebih berfokus pada konsumtif dan materialistis.

 Indikator-Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi  

Pendapatan nasional

Semakin tinggi pendapatan nasional suatu negara semakin makmur masyakatnya, dan sebaliknya.

Kesempatan Kerja

Meningkatnya kesempatan kerja menunjukan keberhasilan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Dan angka pengangguran yang semakin kecil merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan ekonomi.

Perekonomian yang stabil.

Indikator keberhasilan peningkatan pembangunan ekonomi juga ditentukan oleh seberapa tinggi perhatian pemerintah mampu menjaga kestabilan ekonomi daerahnya.

Neraca pembayaran luar negeri

Dari neraca pembayaran dapat diketahui besar kecilnya ekspor dan impor. Pemerintah selalu berusaha untuk meningkatkan ekspor agar melebihi impornya (neraca pembayaran surplus) atau tetap menjaga keseimbangan neraca pembayaran.

Pemerataan pendapatan

Keberhasilan pembangunan ekonomi harus disertai adanya pemerataan pendapatan masyarakatnya. Pendapatan yang tidak merata dapat mengakibatkab terjadinya kesenjangan ekonomi

baca juga :

Pengertian Dan Sejarah Ilmu Ekonomi

Masalah-Masalah Dalam Pelaksanaan Pembangunan Ekonomi Di Indonesia

Masalah-masalah yang dihadapai dalam pelaksanaan pembangunan ekonomi, antara lain :

Masalah Kependudukan

  1. Jumlah penduduk yang sangat banyak
  2. Laju pertambahan penduduk yang signifikan
  3. Komposisi usia penduduk yang tidak menguntungkan, yaitu usia produktif sidikit dibanding usia non produktif.
  4. Penyebarab penduduk tidak merata
  5. Arus urbanisasi yang tinggi Untuk mengatasi masalah kependudukan, maka pemerintah melakukan berbagai kebijakan, yaitu :
  • Program keluarga berencana untuk mengurangi tingkat kelahiran
  • Program peningkatan gizi keluarga (pengadaan posyandu) untuk menurunkan tingkat kematian ibu dan anak.
  • Transmigrasi local dan nasional untuk pemerataan penyebaran penduduk d. Proyek padat karya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mengurangi tingkat urbanisasi

Masalah Kemiskinan

Pembangunan Ekonomi

Usaha dan kebijakan pemerintah yang ditujukan untuk mengatasi kemiskinan, antara lain

  • IDT (Inpres Desa Tertinggal)
  • Pemberian Kredit Modal Kerja Permanen (KMKP) dan Kredit Usaha Kecil (KUK)
  • Kebijakan Intensifikasi Khusus (Insus)
  • Pemberdayaan Koperasi
  • Pengembangan Kawasan Terpadu
  • Program bapak angkat dalam usaha kecil

Masalah Keterbelakangan

kebijakan-kebijakan dalam mengatasi keterbelakangan antara lain :

  • Program pendidikan dasar sembilan tahun, dengan menghapus SPP dari Sekolah Dasar (SD) sampai dengan Sekolah lanjutan Tingkat Pertama (SMP).
  • Bea siswa untuk menyelesaikan pendidikan baik di dalam negeri maupun keluar negeri
  • Pemberantasan korupsi, pembajakan, dan menagadakan gerakan disiplin nasional

Masalah Lapangan Kerja

Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah lapangan pekerjaan  yakni :

  • Peningkatan pendidikan
  • Mengadakan pelatihan atau kursus ketrampilan
  • Pemerataan pembangunan
  • Pemberian kredit dengan bunga lunak
  • Pembukaan usaha baru

Masalah Pemerataan Pembangunan

Usaha dilaksanakan dalam mengatasi pemerataan pembangunan adalah :

  • Pemerataan dalam pemenuhan kebutuhan pokok
  • Pemerataan distribusi pendapatan
  • Pemerataan memperoleh kesempatan kerja dan berusaha serta berpartisipasi dalam proses pembangunan khususnya pembangunan ekonomi
  • Pemerataan dalam mendapatkan pendidikan
  • Pemerataan dalam memperoleh keadilan dalam berbagi bidang seperti hukum, hidup layak dan sebagainya

Soal Pilihan Ganda Pembangunan Ekonomi

[contact-form][contact-field label=”Name” type=”name” required=”1″][contact-field label=”Email” type=”email” required=”1″][contact-field label=”Website” type=”url” required=”1″][contact-field label=”Message” type=”textarea” required=”1″][/contact-form]

71 Replies to “Pembangunan Ekonomi”

  1. Walaikumsalam wr.wb
    terima kasih pak, yang selalu memberikan kami pengetahuan. dan lamjutkan berkarya demi kemajuan generasi bangsa.
    anas salim ips 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *