MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

Pembangunan Ekonomi Dan Faktor-Faktornya

pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi dan faktor faktornya

Pembangunan Ekonomi adalah salah satu konsep penting dalam pembangunan  suatu negara. Kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh suatu negara sangat berkaitan dengan pembangunan ekonomi. Dengan kata lain pembangunan ekonomi untuk meningkatkan ekonomi negara.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Di dalam konsep pembangunan ekonomi, di dalam masyarakat yang memengaruhi struktur sosial dan masyarakat. Selain membangun ekonomi juga memperbaiki ekonomi memperbaiki lembaga atau organisasi pemerintah, memperbaiki jarak yang memperbaiki antara sikaya dan si miskin ini. Jika suatu negara yang mengubah suatu negara dalam pembangunan berarti negara yang mengembangkan atau mengembangkan ekonomi itu tidak harus mengubah pembangunan negara.

Jadi, lihat perkembangan ekonomi dengan sederhananya adalah suatu proses yang mencakup perubahan Arah ke lebih baik atau lebih tinggi.

menurut Prof Denis Goulet, ada tiga prinsip utama dalam salah satu konsep pembangunan keuangan yaitu:

  1. Harga diri berarti kemandirian suatu negara. Negara yang memperbaiki pembangunan tidak dibuat sebagai tujuan untuk mencapai tujuan tertentu tetapi harus berhasil untuk tujuan yang ingin dicapai oleh masyarakat.
  2. Rezeki Kehidupan. Di dalam kehidupan yang membutuhkan kebutuhan dasar yang dapat diperoleh atau diberikan seperti makanan, kesehatan, tempat tinggal, pendidikan, keamanan dan sebagainya. Jika kebutuhan-kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka suatu negara akan mengalami keterbelakangan atau negara itu tidak akan terjadi pembangunan ekonomi.
  3. Kebebasan dan Perbudakan. Berharap kebebasan dari kesalahan dan kebodohan. Selain itu, kebebasan berekspresi seperti kebebasan berpolitik, kebebasan berekspresi, kebebasan berekspresi, kebebasan beragama, dan kebebasan berekspresi.

menurut Prof Dudley Seers, mengatakan bahwa dalam proses memperoleh pembangunan ekonomi ada tiga poin atas jawaban yang sangat penting dalam menjawab pertanyaan sebagai berikut yaitu:

  1. Apakah konsep pembangunan dapat mengurangi kemiskinan?
  2. Bagaimana konsep pembangunan dalam mengatasi pengangguran?
  3. mampukah konsep pengembangan itu dapat mengurangi kesenjangan?

Dengan kata lain katanya mengatakan pembangunan ekonomi berhasil menyelamatkan kemiskinan, mengurangi pengangguran dan mengurangi pemisah antara sikaya dan si miskin.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembangunan

Menurut para ahli ekonomi ada faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi, yaitu:

Sumber daya alam.

Sumber daya alam seperti tanah dan kekayaan alam yang terdapat di suatu negara sangat dibutuhkan demi perkembangan ekonomi. Semakin banyak sumber daya alam maka semakin membantah.

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia yang mendukung di sini seperti kualitas dan jumlah penduduk dan tenaga kerja. Semakin banyak penduduk maka semakin banyak tenaga kerja. Selanjutnya jika tenaga kerja memiliki kualitas yang baik atau mampu memberikan kontribusi terhadap produksi nasional maka terciptanya peningkatan pembangunan ekonomi, itu juga sebaliknya jika negara memiliki penduduk dan tenaga kerja yang tidak produktif maka perlu bantuan yang meningkatkan ekonomi setiap negara

Kepemilikan barang modal dan penguasaan teknologi

Kepemilikan barang modal, sangat berpengaruh terhadap pembangunan misalnya pada masyarakat yang kurang maju dalam melakukan kegiatan berburu dan bertani, kepemilikan modal seperti bajak, cangkul dan parang merupakan alat yang sangat penting. Begitu juga dengan masyarakat maju, modal peran sangat mempengaruhi persaingan. Selain itu, kepemilikan juga harus disetujui dengan menerapkan sistem teknologi modern. Dengan penguasaan teknologi modern maka langsung meningkatkan komponen pembangunan antara lain:

  1. Terciptanya efisiensi kegiatan produksi
  2. Meningkatnya produksi atas barang dan jasa.
  3. Terciptanya kualitas barang yang dibeli.

Sistem sosial dan sikap masyarakat

Sistem sosial dalam hugungannya dengan proses pembangunan seperti adat istiadat, banyak yang mendukung sistem adat istiadat tidak langsung dapat mendukung peningkatan peningkatan pembangunan. Begitu juga dengan sistem feodal atau sistem di mana sebagian besar tanah dipunyai oleh pemilik tanah dan masyarakat kecil hanya menyediakan sebagian kecil dari tanah tersebut sehingga ada yang menyewanya. Kondisi tersebut dapat dilakukan. Mengenai sikap masyarakat yang bisa memperbaiki pembangunan seperti sikap masyarakat yang malas untuk bekerja keras, malas menabung sebagainya.

 

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Yang telah kita ketahui tentang ekonomi merupakan konsep yang melengkapi segala bidang dan perlu inklusif. Oleh karena luasnya Konsep ini perlu dipertimbangkan untuk menentukan beberapa indikator dalam mengukur mencapai pembangunan. Indikator-indikator yang sering digunakan oleh para ahli ekonomi yaitu:

  • Indikator Moneter. terdiri atas: Pendapatan perkapita dan Kesejahteraan ekonomi bersih (NEC). Pendapatan perkapita adalah Jumlah Pendapatan yang diperoleh dengan cara menghitung ( jumlah pendapatan nasional  dibagi dengan jumlah penduduk). Lebih tinggi dari pendapatan perkapita maka lebih tinggi dari pendapatan masyarakat keseluruhan sedangkan Nec atau kesejahteraan ekonomi bersih merupakan salah satu indikator pembangunan yang mendukung sistem penghitungan GNP dengan mempertimbangkan positif dan juga negatif. Korelasi positif dengan pengembangan sektor informal
  • Indikator non moneter, terdiri atas:Indikator sosial dan Indikator sosial mencakup Indikator sosial mencakup tingkat ekspektasi hidup, persentase anak yang bersekolah dan kepemilikan teknologi serta konsumsi atas penggunaan energi perkapita. Sedangkan Indeks kualitas hidup, mewakili jumlah persentase kematian bayi, jumlah masyarakat yang sangat besar dan tingkat harapan hidup.
  • Indikator campuran antara lainIndikator susenas inti dan Indeks Pembangunan.  Indikator susenasi inti  antara lain seperti kesehatan, bidang pendidikan, angkatan kerja, perumahan, KB, kriminalitas dan akses ke media massa. Sedangkan Indeks Pembangunan. Pengukuran indikator dengan melihat Jumlah Penghasilan berdasarkan pada kemampuan membeli dan berdasarkan pada kemampuan membeli.

Karakteristik Keberhasilan Pembangunan

Menurut Prof Simon Kuznets, Ada 6 karakteristik yang berhasil dibangun seperti berikut:

  1. Peningkatan Pendapatan perkapita.
  2. Tingginya Peningkatan produktivitas faktor produksi Sebagian besar produktivitas kerja.
  3. Tingkat transisi
  4. Tingginya tingkat transformasi sosial, budaya, politik dan ideologi.
  5. Luasnya jangkauan keuangan internasional.
  6. Peningkatan pertumbuhan ekonomi internasional.

Karekteristik Permasalahan Dalam Pembangunan

Ada berbagai macam khas dalam pembangunan ekonomi utama yang sering dijumpai di Negara-negara berkembang atau sedang berkembang, antara lain:

produktivitas yang rendah (low productivity)
ketergantung yang kuat pada sektor pertanian Primer (strong dependence on the Primary agriculture sector)
Tingkat ketergantungan yang kuat dalam hubungan internasional (A high degree of dependence in international relations)
Tingkat pengangguran yang tinggi (High unemployment rate)
Tingginya Angka pertambahan jumlah Penduduk (High number of population increase)
Pasar dan sistem informasi tidak sempurna (Markets and information systems are imperfect)
Tingkat kehidupannya yang rendah (Low level of life)

baca juga :

MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

9 Replies to “Pembangunan Ekonomi Dan Faktor-Faktornya”

  1. Tingginya Peningkatan produktivitas faktor produksi Sebagian besar produktivitas kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *