Jurusan Kuliah Siswa IPS serta lapangan pekerjaannya

Jurusan Kuliah Siswa IPS serta lapangan pekerjaannya

mulyadi471– Jurusan kuliah  siswa IPS, sebenarnya banyak pilihan. Artikel ini akan membahas tentang jurusan yang paling cocok bagi siswa IPS. Di berbagai perguruan tinggi,  jurusan-jurusan tersebut dapat dijumpai pada fakultas yang diperuntukkan untuk siswa yang ingin memperdalam Ilmu pengetahuan Sosial. Misalnya fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu sosial dan ilmu politik dan Fakultas Hukum serta Fakultas Sastra. Namun perlu diperhatikan juga tips dalam memilih jurusan kuliah, sehingga lebih sesuai dengan harapan.

Adapan beberapa Jurusan kuliah  siswa IPS antara lain yakni sebagai berikut :

Jurusan Akuntansi

Siswa IPS pastinya sangat mengenal dengan jurusan Akuntansi. Bidang studi ini mempelajari semua materi yang berhubungan informasi keuangan dari sebuah organisasi, perusahaan atau instansi lainnya.  Jurusan kuliah siswa ips ini, juga mempelajari bagaimana pentingnya suatu keputusan yang baik sehingga dituntut memberikan informasi keuangan mulai tahap pencatatan, penggolongan hingga ke tahap penyusunan laporan keuangan.
Lapangan kerjanya yakni Makelar Saham (Broker Saham), Pegawai Bank (Account Officer), Akuntan, Bagian Personalia (HRD), Konsultan Pajak, Pegawai Asuransi, Dosen, Bagian Keuangan (Finance),dan Auditorakelar Saham (Broker Saham).

Bisnis

Jurusan Bisnis adalah salah satu jurusan favorit yang cukup banyak penggemarnya di berbagai kampus di seluruh Indonesia.  Bagi kalian yang mantan siswa ips dan memiliki jiwa bisnis maka jurusan ini merupakan jurusan yang tepat bagi kalian. Bisnis adalah bagaian ilmu yang mempelajari bagaimana cara melakukan teknik pemasaran produk yang akurat, sistem pembukuan serta pengelolaan keuangan dalam rangka peningkatan  suatu usaha. Jurusan kuliah siswa ips ini banyak mengkombinasikan antara pembelajaran adminstrasi, manajemen dan akuntansi.
Lapangan kerjanya  yakni Bagian Penjualan (Sales), Makelar Saham (Broker Saham), Product Manager, Pegawai Asuransi, Bagian Penjualan dan Pelayanan (Customer Service), Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate, Agen Properti, Market Researcher, Sales Wedding Organizer, Event Planner/Event Organizer, Digital Marketing, Telemarketer, Wirausaha (Entrepreuner) dan Aktuaris

Ilmu Ekonomi

jurusan ini tidak asing, bagi siswa IPS. Intinya jurusan ini mempelajari tentang cara mengatur, mengelola sumber daya alam secara efektif dan efisisen dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Selain dari itu jurusan kuliah siswa ips ini juga menganilisis berbagai permasalahan masyarakat terhadap kehidupan perekonomian serta langkah-langkah dalam mengatasinya.
Lapangan Pekerjaannya yakni Makelar Saham (Broker Saham), Bagian Penjualan (Sales) di Lembaga Keuangan, Pegawai Bank (Account Officer), Akuntan, Pegawai Asuransi, Bagian Perencanaan dan Pengembangan Real Estate, Market Researcher, Marketing Produk Otomotif, dan Dosen.

Manajemen

Salah satu jurusan kuliah siswa ips yang mempelajari sistem perencanan hingga pengawasan dalam sebuah lembaga atau organisasi yakni jurusan manajemen. Manajemen adalah bagian ilmu ekonomi yang mempelajari tentang kegiatan perusahaan, mulai tahap perencanaannya, pengkoordinasiannya, pengorganisasiannya, pemberian motivasi, dan pembagian pekerjaan serta tahap pengendalian/pengawasan sehingga tujuan perusahaan dapat dicapai yang selanjutnya dapat meningkatkan kesejahteraan pegawainya. Materi ini bukan hal yang baru bagi siswa IPS sewaktu masih di SMA. Lapangan Pekerjaannya yakni Bagian Penjualan (Sales), Pegawai Bank (Account Officer), Bagian Operasional dan Logistik, Product Manager, Pegawai Asuransi, Market Researcher, Produser TV atau RadioEvent Planner/Event Organizer, Dosen, dan Wirausaha (Entrepreuner).

Perbankan

Jurusan ini terrmasuk jurusan yang banyak diminati oleh siswa IPS, terutama bagi yang mempunyai kemampuan akuntansi dan kemapuan dalam mengelola keuangan. Jurusan kuliah siswa ips ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang proses penyetoran dan pembayaran keuangan baik dalam bentuk uang tunai maupun uang non tunai. Seperti proses pengiriman dana, penyelenggara kliring, serta sistem penyelesaiannya.
Lapangan Pekerjaannya yakni Makelar Saham (Broker Saham), Bagian Penjualan (Sales) di Lembaga Keuangan, Pegawai Bank (Account Officer), Akuntan, Bagian Personalia (HRD), Pegawai Asuransi, Bagian Penjualan dan Pelayanan (Customer Service), Dosen, Bagian Keuangan (Finance) dan System Analyst.

Geografi

Jurusan kuliah siswa ips yang berkaitan dengan Geografi pada umumnya membahas mengenai  lahan dan hal-hal terkait dengan fisik bumi. Mata pelajaran Geografi juga merupakan mapel yang wajib bagi mantan siswa IPS. Kalian akan mempelajari topografi, iklim/cuaca, serta keadaan fenomena alam termasuk hubungan antara jumlah populasi manusia dengan kondisi alamnya. Dengan masuknya kalian ke Jurusan ini  maka akan dibekali teori dalam memahami perspektif regional, termasuk teknik penguasaan teknologi sistem informasi geografis.
Lapangan Pekerjaannya yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNS Daerah), Teknisi dan Operator Pabrik, Surveyor Tanah, Tenaga Ahli Prakiraan Cuaca, Dosen, Chocolatier, Ahli Pemetaan (Kartografer), dan System Analyst.

Antropologi

Antropologi adalah ilmu  yang mempelajari ciri khas, karakter dan persamaan dari suatu masyarakat dan kebudayaan.  Materi pada Antropologi sebenarnya tidak sulit bagi Siswa IPS karena mereka sering membahasnya pada pelajaran di SMA. Seperti asal usul manusia dengan budayanya, manusia dengan pola pikirnya, etikanya dan sebagainya. Jadi  Jurusan kuliah siswa ips ini tak kalah baiknya dengan jurusan-jurusan yang telah disebutkan di atas.
Lapangan Pekerjaannya yakni Bagian Personalia (HRD), Video Editor, Pustakawan, Jurnalis (Reporter), Event Planner/Event Organizer, Kurator, Dosen, Research And Development (RnD), Peneliti, dan Antropolog.

Arkeologi

Jurusan kuliah siswa ips yakni Arkeologi kerap dihubungkan dengan penggalian dan pencarian  peninggalan masa lampau. Arkeologi adalah ilmu yang membahas budaya manusia, dengan menggabungkan antara pelajaran Sejarah dan pelajaran Geologi. Arkeologi juga sangat cocok bagi mantan siswa IPS.
Lapangan Pekerjaannya yakni Pemandu Wisata (Tour Guide), Pustakawan, Jurnalis (Reporter), Kurator, Dosen, Penulis (Content Writer), Research And Development (RnD), Editor, System Analyst dan Sejarawan

Filsafat

Filsafat adalah bagian bidang ilmu yang mempelajari tentang cara berpikir. Kalian akan dilatih dan diajarkan bagaimana berfikir secara merdeka tentang suatu persoalan di dunia ini. Misalnya masalah kesesatan berpikir, karakteristik ilmu pengetahuan, dan mengkritik karya seni, serta mengkaji atau menganalisis suatu pemikiran dan tindakan apakah dapat dikatakan baik atau buruk. Bagi Mantan siswa IPS, Jurusan kuliah siswa ips ini cukup menarik untuk diambil pada perguruan tinggi yang di inginkan.
Lapangan Pekerjaannya yakni Jurnalis (Reporter), Kurator, Dosen, Chocolatier, Penulis (Content Writer), Editor, Peneliti, System Analyst dan Arsiparis.

Sastra Inggris

Sastra Inggris adalah  bidang ilmu pengetahuan  yang mempelajari khusus Bahasa Inggris. kalau kalian masuk ke jurusan ini maka banyak manfaat yang bisa diketahui misalnya mengenal budaya- budaya negara  yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa nasionalnya.
Lapangan Pekerjaannya yakni Eksportir, Penerjemah Lisan (Interpreter), Guru Bahasa Asing, Bagian Tata Usaha (Atase) Perdagangan Luar Negeri, Penerjemah Tulisan (Translator), Konsultan Pendidikan, Staf Maskapai Penerbangan, Concierge Hotel, Pemandu Wisata (Tour Guide), Public Relations (Humas), Jurnalis (Reporter), Dosen, dan Editor serta Sastrawan.

Sastra Indonesia

Sastra indonesia secara umum persis sama dengan sastra Inggris, yang menjadi pembeda yakni bahasa yang dipergunakannya. Namanya sastra indonesia maka pasti kalian tahu bahasa yang dipakai yaitu bahasa Indonesia.
Lapangan Pekerjaannya yakni Penerjemah Lisan (Interpreter), Penerjemah Tulisan (Translator), Penyiar, Jurnalis (Reporter), Produser TV atau Radio, Dosen, Sutradara ,Penulis (Content Writer) dan Editor.

Sastra Indonesia

Ilmu Sejarah merupakan bagian ilmu pengetahuan yang penting bagi kehidupan manusia. Jika kalian berminat masuk ke jurusan ini maka kamu akan dibekali pemahaman yang mendalam tentang kejadian-kejadian yang terjadi dimasa lampau. Yang nantinya fenomena dan peristiwa kejadian tersebut menjadi bagian penting dalam menentukan keputusan-keputusan dimasa kini.
Lapangan Pekerjaannya yakni Penerjemah Lisan (Interpreter), Penerjemah Tulisan (Translator), Pemandu Wisata (Tour Guide), Penyiar, Pustakawan, Jurnalis (Reporter), Produser TV atau Radio, Kurator, Guru SMP/SMA, Guru Sekolah Dasar (SD), Dosen, Penulis (Content Writer) dan Sejarawan

Hubungan Internasional

Hubungan Internasional merupakan bagian dari fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, hubungan internasional berhubungan erat dengan usaha suatu negara dalam menghadapi berbagai hambatan dan tantangan internasional misalnya ketidakseimbangan perdagangan dunia, isu yang berkaitan situasi keamanan, dan masalah hubungan dengan luar negeri.
Pekerjaan yang sesuai dengan jurusan ini yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS), Politisi, Eksportir, Diplomat, Bagian Tata Usaha (Atase) Perdagangan Luar Negeri, Konsultan Pendidikan, Penyiar, Jurnalis (Reporter), Chocolatier, Editor, System Analyst dan Arsiparis.

Ilmu Adminstrasi

Jurusan Ilmu Administrasi juga termasuk bagian dari fakultas imu sosial yang fokus pada mempelajari  aspek perencanaan, pengorganisasian, pengkordinasian serta pengawasan dan pengendalian atas pelaksanaan tugas atau pekerjaan sehingga tercapai tujuan yang yang di harapkan atau yang direncanakan.
Lapangan Pekerjaannya yakni  Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tata Usaha (Admin), Bagian Penjualan (Sales), Product Manager, Bagian Personalia (HRD), Konsultan Pajak, Sekretaris, Market Researcher, Bagian Tata Usaha (Atase) Perdagangan Luar Negeri, Bagian Administrasi Rumah Sakit, Wirausaha (Entrepreuner), dan Bagian Keuangan (Finance).

Ilmu Hukum

Jurusan kuliah siswa ips yakni  Ilmu Hukum merupakan ilmu yang fokus terhadap berbagai sistem peraturan yang menjadi pedoman serta panduan dalam kegiatan kehidupan manusia. pada Ilmu Hukum, kalian  juga belajar tentang perundang-undangan seperti hukum tata negara, hukum perdata, hukum pidana termasuk  hukum internasional.
Lapangan Pekerjaannya yakni  Notaris, Politisi, Petugas Imigrasi, Pengacara, Diplomat, Bagian Tata Usaha (Atase) Perdagangan Luar Negeri, Dosen, Aktivis, Jaksa, Hakim, Panitera, dan System Analyst.

Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah bidang studi yang khusus mempelajari sistem komunikasi seperti hubungan antara manusia dengan manusia lainnya. Kalian akan mempelajari tentang komunikasi yang dihubungkan dengan media, reklame/periklanan, komunikasi interkultural dan sebagainya.
Lapangan Pekerjaannya yakni  Product Manager, Bagian Penjualan dan Pelayanan (Customer Service), Penyiar, Video Editor, Account Executive, Public Relations (Humas), Jurnalis (Reporter), Produser TV atau Radio, Content Creator, Telemarketer, Penulis (Content Writer) dan Editor.

 

Ilmu Pemerintahan

Ilmu Pemerintahan merupakan bagian dari ilmu sosial dan ilmu politik yang fokus mempelajari tentang masalah pemerintahan dan ketatanegaraan. Jurusan kuliah siswa ips ini, merupakan bagian dari fisipol yang hampir ada di berbagai universitas yang ternama di Indonesia.
Lapangan Pekerjaannya yakni  Pegawai Negeri Sipil (PNS), Politisi, Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNS Daerah), Pegawai Bank (Account Officer), Diplomat, Public Relations

Ilmu Politik

Ilmu Politik adalah  bidang ilmu yang mempelajari  fenomena sosial politik. Termasuk menganalisis sistem politik misalnya kebijakan- kebijakan politik kenegaraan. Selain itu jurusan kuliah siswa ips ini banyak mengkaji kebijakan-kebijakan yang dituangkan dalam berbagai organisasi perpolitikan misalnya partai politik, politik dalam negeri dan politik luar negeri.
Lapangan Pekerjaannya yakni   Pegawai Negeri Sipil (PNS), Politisi , Diplomat, Bagian Tata Usaha (Atase) Perdagangan Luar Negeri, Penyiar, Jurnalis (Reporter), Chocolatier, Editor dan System Analyst.

Sosiologi

Bagian terakhir jurusan kuliah siswa ips yakni Sosiologi. Sosiologi termasuk bagian dari ilmu sosial dan ilmu politik yang mempelajari interaksi atau hubungan manusia dengan masyarakat, pola prilaku manusia, nilai dan norma prilaku manusia, struktur dan kebudayaan masyarkat serta hubungan antara prilaku manusia denganprilaku masyarakat.
Lapangan Pekerjaannya yakni  Market Researcher, Pemandu Wisata (Tour Guide), Jurnalis (Reporter), Event Planner/Event Organizer, Dosen, Aktivis, Pekerja Sosial (Social Worker), Sosiolog, Chocolatier, Penulis (Content Writer), Research And Development (RnD) dan Peneliti.

Demikian beberapa jurusan kuliah siswa ips serta lapangan pekerjaan yang cocok. Namun bagi siswa ips yang salah memilih jurusan kuliah, janganlah menyerah tapi hadapi dengan keahlian dan potensi yang ada pada diri kalian. Misalnya cobalah yakinkan pada diri sendiri melalui keaktifan kegiatan organisasi untuk mendukung pendidikan perkuliahan Anda.

 

Silahkan baca juga :

Jurusan Kuliah Bagi Siswa IPA serta lapangan pekerjaannya

Mengenal Jurusan IPS dan IPA

Sarjana Teknik Kimia Dan Prospek Kerjanya

Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

44 Replies to “Jurusan Kuliah Siswa IPS serta lapangan pekerjaannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *