MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

Jurusan Untuk Anak IPA

jurusan untuk anak ipa

Apa Saja Jurusan yang Cocok Untuk Anak IPA Saat Kuliah?

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan hal yang diinginkan oleh banyak orang. Terutama untuk mereka yang telah lulus pendidikan menengah atas. Seperti yang diketahui bahwa pendidikan menengah atas dibagi menjadi beberapa kategori seperti SMA.

Pendidikan semasa SMA dibagi menjadi beberapa jurusan mulai dari IPA dan IPS.  Setelah lulus dari pendidikan menengah jurusan IPA, banyak siswa yang merasa bingung untuk memilih jurusan saat kuliah. Oleh karena itu, apa saja jurusan yang cocok untuk anak IPA saat kuliah?

Memasuki masa kuliah merupakan hal yang cukup membingungkan bagi banyak siswa. Sebenarnya tidak hanya anak jurusan IPA saja yang mengalami kebingungan, mengingat banyak sekali jurusan yang bisa diambil ketika masuk kuliah.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan ketika seseorang memilih jurusan. Mulai dari jurusan yang difavoritkan, daya tampung, hingga prospek kerja. Tidak sedikit pula yang salah ketika memilih jurusan dan akhirnya merasa menyesal saat sudah menjalani kuliah.

Tips Memilih Jurusan yang Cocok Untuk Anak IPA

Kebingungan merupakan salah satu hal yang paling sering dialami oleh banyak siswa. Sebenarnya kebingungan inilah yang menjadi masalah ketika memasuki masa pra kuliah. Ada beberapa tips yang bisa digunakan ketika anda mengalami kebingungan saat memilih jurusan. Tips ini bisa digunakan untuk memilih jurusan apa yang cocok untuk anak IPA.

Tips yang pertama adalah memilih jurusan yang sesuai dengan passion atau jurusan ketika SMA. Jurusan yang diambil saat SMA berpengaruh pada pengambilan jurusan saat kuliah. Tips yang kedua adalah memilih jurusan yang sesuai dengan daya tampung di universitas.

Sebab daya tampung nantinya berpengaruh pada diterima atau tidaknya anda pada jurusan tersebut. Dua tips tersebut bisa anda gunakan untuk memilih jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA. Lalu apa saja jurusan yang cocok untuk anak IPA?

  1. Kedokteran

Kebanyakan anak IPA mengidamkan untuk masuk ke jurusan kedokteran. Hal ini dikarenakan jurusan kedokteran memiliki prospek yang sangat bagus. Bahkan hampir semua anak jurusan IPA menginginkan untuk masuk ke jurusan ini.

Di Indonesia sendiri ada banyak universitas yang menyediakan jurusan kedokteran. Meskipun banyak, tapi tidak sedikit dari siswa lulusan SMA IPA yang merebutkan universitas bergengsi. Untuk masuk ke fakultas kedokteran tidaklah mudah sebab ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah prestasi akademik atau nilai yang didapatkan dari ujian masuk universitas.

Tidak mengherankan jika kebanyakan anak SMA IPA berlomba-lomba untuk memperebutkan kursi di fakultas kedokteran. Pada jurusan kedokteran ada beberapa prodi yang bisa diambil, diantaranya adalah kedokteran umum, dokter gigi, dokter hewan, keperawatan, dokter khusus menangani gizi, dokter spesialis, dan kebidanan.

  1. Teknik sipil

Teknik sipil juga merupakan salah satu jurusan yang cocok untuk anak IPA. Tidak sedikit lulusan IPA yang berminat untuk masuk ke jurusan teknik sipil. Jurusan teknik sipil merupakan salah satu jurusan yang bergengsi dan menjadi rebutan.

Mengapa harus memilih fakultas teknik sipil? Hal ini karena teknik sipil merupakan jurusan yang memiliki prospek kerja sangat bagus. Salah satu prospek kerja yang paling menjanjikan dari teknik sipil adalah menjadi seorang insinyur.

Seorang insinyur memiliki cakupan bidang kerja yang cukup luas. Tidak hanya itu saja, seorang insinyur juga pandai dalam bidang konstruksi dan juga pembangunan berbagai macam gedung. Tidak heran jika banyak anak lulusan IPA yang memilih teknik sipil.

Sama halnya dengan jurusan kedokteran, teknik sipil juga memiliki kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa salah satunya adalah nilai akademik yang bagus. Jurusan teknik sipil melibatkan banyak hitung-hitungan sehingga dibutuhkan mahasiswa yang benar-benar pandai dan memiliki IQ tinggi.

  1. MIPA (Matematika dan IPA)

Selanjutnya MIPA atau jurusan matematika dan IPA. MIPA merupakan jurusan yang cocok untuk anak IPA dan memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Jurusan MIPA juga sangat diminati oleh banyak orang. Bahkan jurusan ini memiliki jumlah peminat yang selalu membludak tiap tahunnya. Pada jurusan MIPA biasanya ada beberapa hal yang harus dipelajari, mulai dari matematika yang biasanya identik dengan perhitungan, kemudian IPA yang berkaitan dengan pengetahuan alam.

Pada jurusan MIPA, bidang studi yang dipelajari lebih spesifik, artinya ada beberapa pengaplikasian di lapangan yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Prospek kerja yang ditawarkan dari jurusan MIPA sangatlah menjanjikan. Mulai dari menjadi staf atau tim lapangan dalam sebuah pertambangan minyak dan yang lainnya.

Apabila anda bingung setelah lulus SMA IPA, maka anda bisa memilih jurusan MIPA. Di Indonesia sendiri ada banyak universitas yang menyediakan jurusan MIPA. Jurusan MIPA juga termasuk jurusan bergengsi yang banyak dipilih oleh siswa.

  1. Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

Ada banyak jurusan yang bisa diambil oleh anak IPA ketika kuliah. Salah satunya adalah teknik informatika dan ilmu komputer. Jurusan ini sangat cocok untuk anda yang tertarik dengan internet, hardware, software, dan aplikasi. Jurusan ini juga tidak pernah sepi peminat setiap tahunnya.

Pada jurusan ini anda akan diajarkan tentang logika matematika dan mengolah informasi data menggunakan teknologi komputer. Beberapa hal yang akan dipelajari dari jurusan ini adalah bahasa pemrograman, informasi manajemen dan rekayasa piranti lunak, serta masih banyak lagi.

Jurusan teknik informatika dan ilmu komputer juga sangat menjanjikan untuk prospek kerjanya. Apabila anda ahli dalam bidang informatika dan ilmu komputer, maka anda bisa membuat database atau aplikasi bahkan software. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa menjadi teknisi jaringan. Bahkan menjadi dosen dari teknik informatika dan ilmu komputer itu sendiri hingga bekerja di perusahaan telekomunikasi.

  1. Desain Komunikasi Visual

Jurusan yang cocok untuk anak IPA yang lainnya adalah desain komunikasi visual. Dilihat dari namanya saja, jurusan ini pastinya berkaitan dengan desain grafis. Namun tidak hanya dalam lingkup desain grafis saja, ada beberapa hal yang harus dipelajari dalam lingkup yang lebih luas. Diantaranya adalah pembuatan animasi, pembuatan brosur, pembuatan logo, bahkan pembuatan desain baju.

Kebanyakan orang berpikir bahwa desain komunikasi visual hanya berada pada lingkup menggambar saja. Namun sebenarnya tidak hanya menggambar, ada beberapa materi yang harus dipelajari. Mulai dari cara pembuatan animasi hingga cara menggunakan aplikasi desain pada komputer.

Jurusan desain komunikasi visual juga memiliki prospek kerja yang sangat bagus setelah lulus. Anda bisa mendapatkan ilmu untuk membuat animasi sendiri, membuat wirausaha berupa jasa, bekerja pada stasiun televisi, bahkan studio film.

  1. Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Selanjutnya adalah teknik pertambangan dan perminyakan. Jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang sangat bagus, namun hal ini juga harus diimbangi dengan kemampuan akademik yang tinggi. Hal ini dikarenakan pertambangan dan perminyakan sangat mengandalkan kemampuan matematika, kimia, geologi, serta fisika. Sehingga jurusan ini memang hanya diperuntukkan bagi siswa yang lulus dari SMA IPA.

Dikatakan bahwa teknik pertambangan dan perminyakan juga memiliki prospek kerja yang bagus. Salah satunya adalah anda bisa bekerja di berbagai perusahaan tambang dan perminyakan. Seperti yang diketahui bahwa perusahaan pertambangan dan perminyakan memiliki gaji yang sangat tinggi.

Jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA memang ada banyak. Namun tidak sedikit dari mereka yang merasa salah jurusan. Oleh karena itu, anda bisa memilih jurusan yang cocok untuk anak IPA.

MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

6 Replies to “Jurusan Untuk Anak IPA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *