Jurnal Umum Perusahaan Jasa

AKUNTANSI Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Jurnal umum perusahaan Jasa merupakan salah satu bentuk transaksi Keuangan perusahaan dicatat secara sistematis  untuk memberikan informasi kepada pengguna. Informasi Akuntansi disajikan dalam jurnal. Jurnal menyajikan informasi akuntansi selama satu periode akuntansi.

Jurnal merupakan alat untuk mencatat transaksi yang terjadi dalam satu perusahaan, secara kronologis disertai nama akun dan jumlah transaksi. Dalam jurnal umum akan dicatat seluruh transaksi keuangan sesuai dengan jumlah debit dan kredit. Apabila perusahaan menyelenggarakan pencatatan keuangan menggunakan jurnal khusus, jurnal umum digunakan untuk mencatat transaksi yang tdak dapat dicatat ke dalam jurnal Khusus. Pada perusahaan Jasa, keseluruhan transaksi dicatat pada jurnal umum.

Manfaat Jurnal

Manfaat jurnal dalam pencatatan akuntansi terdiri dari beberapa fungsi, yakin sebagai berikut :

  1. Mencatat, yaitu jurnal digunakan untuk menentukan akun dan jumlah transaksi yang dicatat.
  2. Historis, yaitu pencatatab transaksi pada jurnal dilakukan secara kronologis.
  3. Analisis, yaitu sebelum menentukan nama akun, jumlah, dan pencatatan di sisi debit dan kredit, perlu menganalisis bukti transaksi pada jurnal terlebih dahulu.
  4. Intsruktif, yaitu jurnal digunakan sebagai perintah mendebit atau mengkredit akun beserta jumlah uang dalam transaksi.
  5. Informatif, yaitu jurnal penyajian tanggal, nama akun, keterangan dan jumlah uang dalam transaksi.

Bentuk Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Jurnal umum perusahaan jasa yang terdiri atas dua kolom, yaitu kolom debit dan kolom debit. Dua kolom tersebut memenuhi fungsi analisis, yaitu menentukan nama akun, jumlah uang yang dicatat, serta pencatatan di sisi debit dan kredit.

Proses Pencatatan Jurnal Umum

Proses pencatatan transaksi ke dalam jurnal umum terdiri dari 5 kolom yaitu sebagai berikut :

  1. (1) digunakan untuk mencatat tanggal transaksi sesuai bukti transaksi. Bulan dan tahun ditulis pada baris pertama dan cukup ditulis sekali saja.
  2. (2) dipergunakan untuk mencatat nama sesuai transkasi. Nama akun yang didebit ditulis di sebelah kiri dan akun yang dikerdit dituli disebelah kanan.
  3. (3) memasukkan nomor kode akun atau nomor Ref, seperti akun kas (101), piutang (102), Perlengkapan kantor (103) dan seterusnya.
  4. (4) mencatat jumlah akun debit.
  5. (5) untuk mencatat jumlah akun kredit.

Jika pencatatan jumlah satu halaman telah penuh, maka kolom debit dan kolom kredit dijumlahkan. Selanjutnya jumlah kolom debit dan kredit ditulis pada halaman jurnal yang baru. Pada kolom akun ditulis “jumlah dipindahkan”. Tanggal transaksi terakhir pada kolom referensi ditulis kode angka “3”.

 

Jenis-Jenis Akun Dalam Jurnal Umum

Pencatatan transaksi keuangan pada jurnal umum harus menggunanakan akun dan sesuai dengan mekanisme yang benar. Perkiraan atau rekening akun adalah suatu formulir yang digunakan untuk mencatat penambahan dan pengurangan aktiva, kewjiban, modal, pendapatan, dan beban serta penggolongan transaksi-transaksi yang sejenis. Akun-akun tersebut, dapat  dikelompokkan menjadi akun rill atau akun neraca dan akun nominal atau akun laba/rugi.  Akun rill terdiri atas akun aktiva, akun kewajiban dan akun modal.

Adapun rincian dari akun rill tersebut yakni sebagai berikut :

A. Akun Aktiva

Akun ini terdiri dari atas 4 unsur utama, yaitu aktiva lancar, investasi, tetap berwujud dan tetap tidak terwujud.

Aktiva lancar

Current Asset (Aktiva lancar) yaitu berupa uang secara tunai yang dipunyai oleh sebuah perusahaan jasa dan 
sehingga aktiva tersebut memudahkan untuk dijadikan dalam bentuk uang tunai.

Aktiva lancar terdiri atas kas, surat berharga, wesel tagih, piutang usaha, persediaan barang dagangan, beban dibayar dimuka dan perlengkapan.

Investasi

Investasi yaitu bentuk penyertaan jangka panjang yang tujuannya untuk menguasai perusahaan dan tidak akan dijual dalam waktu yang dekat. Misalnya saham, obligasi, dan investasi dalam bentuk tanah.

Aktiva tetap berwujud

Tangible Fixed Assets (Aktiva tetap berwujud), yaitu aktiva yang wujud fisiknya terlihat dan dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan atau menjalankan kegiatan operasinya serta memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun (satu periode akuntansi). Misalnya peralatan, bangunan dan tanah.

Aktiva tetap tidak terwujud

Intangible Fixed Assets (Aktiva tetap tidak terwujud), yaitu aktiva yang memiliki manfaat lebih dari satu periode akuntansi, tetapi wujud fisiknya tidak dapat dilihat. Aktiva tidak terwjud diantaranya goodwill, hak paten, hak cipta dan merek dagang.

 

Akun Kewajiban

Unsur-unsur kewajiban terdiri atas kewajiban lancar dan kewajiban jangka panjang.

Kewajiban lancar

Curren Liabilites (Kewajiban lancar) yaitu kewajiban perusahaan kepada pihak lain yang jangka pelunasannya kurang dari satu tahun (satu periode akuntansi). Misalnya utang usaha, dan wesel bayar.

Kewajiban jangka panjang

Kewajiban jangka panjang yaitu kewajiban perusahaan kepada pihak tertenu, yang jangka pembayarannya lebih  dari satu tahun. Misalnya utang hipotek dan utang bank jangka panjang.

 

Akun Modal

Modal adalah hak atau tuntutan pemilik dalam suatu perusahaan sebagi akibat adanya modal pokok yang diserahkan pada saat memulai usaha.

 

Adapun akun nominal dalam mencatat jurnal umum terdiri atas :

Akun Pendapatan

Pendapatan adalah hasil yang diperoleh perusahaan dari penjualan barang dagangan atau jasa kepada pelanggan. Pendapatan dapat dibagi menjadi beban usaha dan beban di luar usaha. Tentunya pendapatan merupakan hal yang dapat menambah modal.

Akun Beban

Beban adalah pengorbanan ekonomis untuk memperoleh barang dan jasa atau fasiliotas yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan dalam satu periode akuntansi berjalan.

Pencatatan akun aktiva, kewajiban dan modal tersebut berdasarkan pada sistem pencatatan ganda atau sistem pencatatan berpasangan. Artinya setiap transaksi paling sedikit akan mempengaruhi 2 akun. Misalnya terjadi transaksi pembelian peralatan secara tunai sebesar Rp. 1.000.000,-. Transaksi tersebut  akan menambah akun peralatan dan di sisi lain akan mengurangi akun kas perusahaan sebesar Rp. 1.000.000,-. Begitu juga berlaku bagi akun-akun lain.seperti akun aktiva, akun kewajiban, akun modal, akun pendapatan dan akun modal.

Bagaimana pencatatan debit atau kredinya? Sebagai contoh jika aktiva bertambah maka harus dicatat disisi debit dan jika aktiva berkurang maka dicatat di sisi kredit.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel mekanisme Debit dan kredit di bawah ini, yang sangat diperlukan dalam mengerjakan jurnal umum prusahaan jasa

jurrnal umum perusahaan

 

illustrasi.
PERUSAHAAN JASA SMANAM SELAYAR

Perusahaan SMANAM SELAYAR, Selayar didirikan pada tanggal 1 Desember 2018 oleh Tuan mulyadi.
Transaksi yang terjadi selama bulan Desember 2018 adalah sebagai berikut :

Transaksi Awal
  • 01/12/2018 Tuan mulyadi memulai usahanya dengan membuka rekening di bank atas nama Perusahaan dan menyetor kas sebesar Rp150.000.000
  • 02/12/2018 Dibayar sewa gedung untuk Dibayar sewa gedung untuk 1 tahun sebesar Rp3.000.000  mulai bulan Desember 2018 sampai dengan Nopember 2019.
  • 03/12/2018 Dibeli perlengkapan Kantor dari Toko PADANG seharga Rp20.000.000 secara kredit
  • 05/12/2018 Dibayar iklan untuk bulan Desember  2018 Rp600.000
  • 11/12/2018 Dibeli Peralatan Kantor secara kredit seharga Rp1.200.000 dari Toko Takengon.
  • 15/12/2018 Diselesaikan servis untuk PT NUSAMBA dan difakturkan untuk  ditagih sebesar Rp9.000.000
  • 16/12/2018 Diterima Uang sebesar Rp5.000.000  atas jasa yang telah diberikan kepada pelanggan
  • 17/12/2018 Dibayar sebagian Utang kepada Toko PADANG sebesar Rp7.500.000 untuk peralatan kantor yang dibeli tanggal 3 Desember 2018 lalu.
  • 19/12/2018 Diterima Uang sebesar Rp4.500.000 atas jasa yang telah diberikan kepada pelanggan bernama Toko Ramai

Transaksi akhir

  • 22/12/2018 Diterima cicilan pembayaran dari PT NUSAMBA sebesar Rp3.000.000
  • 24/12/2018 Dibayar biaya perjalanan Dinas sebesar Rp900.000
  • 25/12/2018 Dibayar biaya telepon untuk bulan Desember 2018 Rp400.000
  • 25/12/2018 Dibayar gaji pegawai bulan Desember sebesar Rp9.000.000
  • 27/12/2018 Dibayar listrik dan air untuk bulan Desember sebesar Rp600.000
  • 30/12/2018 Tuan mulyadi mengambil uang tunai untuk keperluan pribadinya sebesar Rp5.000.000
  • 31/12/2018 Diberikan servis kepada para pelanggan dengan perhitungan biaya sebesar Rp8.000.000, jumlah tersebut difakturkan  untuk ditagih

lihat jawaban transaksi di atas

57 Replies to “Jurnal Umum Perusahaan Jasa”

  1. Bismillah Terimah kasih pak atas ilmu yang bapak kasih kekami smga bisa mnjdi amal jariyah untuk bapak Aamiin, semoga selalu sukses pak guru

    Marwah 12 mipa 1

  2. Terima kasih atas ilmu yang telah bapak kepada kami , semoga bapak selalu di berikan anugrah kesehatan oleh "ALLAH SWT" AMIN
    Nama :Kurniawan Kasdi
    Kelas: XII IPA 1

  3. Wa'alaikumussalam Warohmatullahi Wabarokatuh
    Makasih pak
    Nama: Dewi Rahmi Utami
    Kls: 11 Mipa 1

  4. Akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi perusahaan kepada pihak pihak yang memerlukan informasi tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *