MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

Download RPP 1 Lembar

download RPP 1 Lembar

mulyadi471– Berkaitan dengan  RPP 1 lembar sesuai dengan terbitan surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019 (Download) yang membahas mengenai penyederhanan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dengan diterbitkannya surat edaran tersebut maka menimbulkan beberapa pertanyaan sekitar penyerdahaan RPP yang sebelumnya memuat 13 komponen menjadi RPP 1 lembar yang hanya memuat 3 komponen inti. Pertanyaan yakni antara lain :

Apakah ketika seorang guru ketika memasuki kelas, hanya membawa selembar RPP atau RPP 1 lembar ? jawabnya adalah “tidak”. Karena dasarnya telah termaktub dalam Permendikbud Nomor 15/2018 pasal 4 (Download).

Apakah perangkat pembelajaran lainnya masih diperlukan oleh seorang guru ?

Jawabnya adalah “masih diperlukan” karena terdapat pada atau sesuai dengan Kemendikbud nomor 241/p/2019 (Download).

Apa sajakah yang diperlukan dalam menyusun RPP 1 lembar ?

Jawabnya :

  1. Format RPP 1 lembar : Ada 3 format RPP yang telah disediakan, silahkan (Download)
  2. Perangkat pembelajaran yakni :

BUKU KERJA 1 :

  • SKL, KI, dan KD Mapel
  • Silabus
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  • Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM)

BUKU KERJA 2 :

  • Program Semester
  • Program Tahunan
  • Kalender Pendidikan
  • Alokasi Waktu Pembelajaran
  • Kode Etik Guru
  • Ikrar Guru
  • Tata Tertib Guru
  • Pembiasan Guru
  • Jurnal/Agenda Harian Guru

BUKU KERJA 3 :

  • Dafar Hadir Siswa
  • Daftar Nilai Siswa
  • Penilaian Karakter peserta didik
  • Analisis Hasil Penilaian siswa
  • Buku Remedial dan Pengayaan peserta didik
  • Daftar Buku Guru dan peserta didik
  • Roster Mengajar
  • Daya Serap peserta didik
  • Kisi-Kisi Soal
  • Soal
  • Analisis Butir Soal
  • Perbaikan Soal

BUKU KERJA 4 :

  • Evaluasi Diri
  • Tindak Lanjut ED

Dengan adanya kebijakan tentang RPP 1 lembar, dapat dikatakan sebagai hadiah yang sangat istimewa kepada para guru pada umumnya dan saya selaku guru di SMAN 6 selayar pada khususnya. Oleh karena itu saya sebagai guru mewakili teman-teman guru lainnya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak menteri pendidikan yakni Nadiem Anwar Makarim atas terbitnya surat edaran Mendikbud nomor 14 tahun 2019. Selama ini kita mempergunakan RPP yang terdiri dari 13 komponen yang mana wajib tertuang dalam sebuah RPP. Hal ini membuat para guru dan saya pribadi merasa kesulitan dan banyak waktu yang dipergunakan dalam pembuatannya. RPP biasanya dibuat pada saat liburan dan menjelang awal semester dan awal tahun pelajaran baru. Waktu tersebut adalah waktu libur berdasarkan kalender pendidikan. Coba bayangkan ketika kita membuat RPP yang 13 komponen yang terperinci dalam RPP maka banyak waktu libur yang dipakai hanya untuk membuat RPP ini. Akhirnya memungkinkan terciptanya sebuah RPP yang sifatnya hanya sebagai formalitas administrasi saja. Tentunya hal ini membuat proses belajar mengajar di kelas tidak terarah dan tidak terencana.

Selanjutnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 ini mengatakan “yang penting mengenai RPP itu bukan hanya penulisannya, sebenarnya esensinya RPP atau lesson plan adalah proses refleksi dari pada guru itu. Pada saat kita menulis suatu RPP. Maka kita melaksanakan di kelas, besoknya kita  kembali kepada RPP itu, untuk melakukan refleksi. Dari situlah pembelajaran terjadi, bukan dengan menulis sepuluh halaman sekedar untuk administrator. Rpp itu tetap harus mengkomunikasikan  kepada semua pengawas , kepala sekolah, atau pejabar yang terkait”.

point penting  dalam pembuatan RPP 1 lembar

Namun dengan adanya keputusan tentang penyederhanaan RRP menjadi RPP 1 lembar maka waktu yang dipakai akan lebih efektif dan efisien. Rpp 1 lembar pada hakikatnya memuat 4 point penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan RPP tersebut. Ke-4 point tersebut yakni :

point 1.   Prinsip Efisien, efektif dan berorientasi pada siswa atau peserta didik

Prinsip efisien artinya penulisan atau pembuatan RPP 1 lembar dilakukan secara tepat dan tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

Prinsip efektif artinya pembuatan dan penulisan RPP 1 lembar wajib diarahkan dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran di kelas.

Orientasi pada siswa artinya pembuatan dan penulisan RPP 1 lembar wajib mempertimbangkan tingkat kesiapan, ketertarikan dan kebutuhan belajar siswa atau peserta didik di dalam kelas.

Berbicara mengenai orientasi maka poinnya adalah :

Kesiapan siswa dalam mendapatkan materi ajar. Hal yang perlu diperhatikan yakni menjawab pertanyaan, Apakah siswa atau peserta didik tersebut siap untuk menerima materi yang akan diajarkan? Seorang guru harus melihat materi ajarnya. Misalnya materi tentang “perbengkelan”, maka bagi siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) tentunya tidak memiliki kesiapan atas materi tersebut. Begitu halnya dengan ketertarikan siswa atau peserta didik tentang materi “mewarnai gambar”, tentunya materi ini tidak menimbulkan ketertarikan bagi siswa tingkat SMA tapi menimbulakan ketertarikan pada siswa tingkat SD. Sama halnya dengan orientasi akan kebutuhan belajar siswa. Apakah seorang siswa tingkat SD membutuhkan materi tentang “pengeditan Video”? jawabannya adalah tidak. Oleh karena itu pembuatan RPP oleh guru wajib memperhatikan hal-hal yang telah disebutkan di atas.

Point 2Dari 13 komponen RPP yang telah diatur dalam Permendikbud nomor 22 tahun 2016 mengenai standar proses. Sekarang telah disederhanakan menjadi 3 komponen inti dalam RPP 1 lembar. Ke-3 komponen tersebut yakni :

  1. Tujuan Pembelajaran
  2. kegiatan pembelajaran atau Langkah-langkah pembelajaran
  3. Penilaian pembelajaran (assessment pembelajaran)

Sedangkan 10 komponen lainnya merupakan sebagai pelengkap dari RPP 1 lembar.

Point 3.   Sekolah dan kelompok pembelajaran yang sejenis dalan sekolah serta seorang guru bisa secara bebas memilih dan menggunakan serta mengembangkan RPP 1 lembar secara mandiri. Tentunya ditujukan untuk mencapai tingkat keberhasilan siswanya.

point 4.   RPP 1 lembar atau RPP 1 halaman bukan berarti harus betul-betul 1 lembar atau 1 halaman. Bisa saja terdiri dari 2 atau 3 lembar atau halaman, yang penting mencakup 3 komponen inti yakni tujuan, langkah-langkah dan penilaian pembelajaran.

RPP 1 lembar (siap Download)

Admin telah membuat beberapa RPP 1 lembar dari berbagai bidang studi. Silahkan Download beberapa RPP tersebut  yakni :

RPP Ekonomi 1 lembar (SMA) (Download)

RPP Fisika 1 lembar (SMA) (Download)

RPP Bahasa Indonesia 1 lembar (SMA) (Download)

RPP PJOK 1 lembar (SMA) (Download)

RPP 1 lembar SD Kelas 1 Semester 1 tentang Akidah Akhlak (Download)

RPP PKn 1 lembar (SMA) (Download)

RPP Bahasa Inggris 1 lembar (SMA)  (Download)

RPP Geografi 1 lembar (SMA) (Download)

RPP 1 lembar SD Kelas 1 Semester 2 tentang Akidah Akhlak (Download)

RPP Sosiologi 1 lembar (SMA) (Download)

RPP Biologi 1 lembar (SMA) (Download)

RPP Kimia 1 lembar (SMA) (Download)

RPP Matematika Wajib 1 lembar (SMA) (Download)

RPP Matematika Peminatan 1 lembar (SMA) (Download)

RPP 1 lembar SD Kelas 1 Semester 1 Penjas tentang Aktivitas permainan (Download)

Demikian RPP 1 lembar di atas yang kami bagikan.  Semoga dapat  membantu bapak dan ibu guru dalam membuat dan melengkapi administrasi kegiatan proses belajar mengajar pada tingkat satuan pendidikan, dan jika website  ini berguna dan bermanfaat bagi teman-teman guru maka kami menyarankan untuk mengshare ke teman-teman guru yang belum mengetahui situs https://www.mulyadi471.com. Terima kasih dan wassalam.

MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *