Definisi Dan Informasi Akuntansi

definisi dan informasi akuntansi

DEFINISI AKUNTANSI 

Akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian,  pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi perusahaan kepada pihak pihak yang memerlukan informasi tersebut. Dengan informasi tersebut memungkinkan dilakukannya penillaian serta pengambilan keputusan secara jelas dan tegas terhadap ekonomi perusahaan. Sederhananya, Akuntansi bertujuan menyajikan informasi ekonomi yang akurat dan terpercaya. Informasi tersebut berbentuk laporan keuangan dari satu kesatuan ekonomi seperti , PT, Perusahaan dagang dan Jasa, firma, perseroan dan sebagainya.

PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI 

Pihak yang memerlukan dan memakai akuntansi dapat dibagi dalam dua kelompok, yaitu pihak Intern dan Pihak ekstern.

  • Intern adalah pihak yang menyelenggarakan usaha atau disebut manajemen perusahaan.
  • Ekstern adalah pihak-pihak luar yang berkepentingan dengan perusahaan. Pihak ekstern tersebut adalah sebagai berikut : Investor Karyawan Pemberi pinjaman Pemasok dan kreditor usaha lainnya Pelanggan Pemerintah Masyarakat

MANFAAT INFORMASI AKUNTANSI 

  1. Pihak Internal yakni Manajemen  berkaitan langsung dan sangat membutuhkan informasi keuangan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.
  2. Pihak eksternal  yakni Investor atau penanam modal berhubungan dengan resiko yang melekat pada hasil pengembangan dari investasi yang mereka lakukan. pihak eksternal seperti :
  • Karyawan memerlukan informasi akuntansi untuk mengetahui stabilitas perusahaan.
  • Pemberi Pinjaman yakni Pemberi Pinjaman tertarik dengan informasi keuangan yang memungkinkan mereka dapat memutuskan kebijakan. Misalnya kebijakan tentang jumlah pinjaman dan bunganya yang dibayarkan pada saat jatuh tempo.
  • Kreditor Usaha lainnya yakni Kreditor tertarik dengan informasi yang memungkinkan mereka dapat memutuskan pembayaran. Misalnya pembayaran dana yang terutang pada saat jatuh tempo.
  • Pelanggan yakni Para pelanggan tertarik pada informasi mengenai kelangsungan hidup perusahaan, terutama jika mereka terlibat dalam perjanjian jangka panjang.
  • Pemerintah yakni Pemerintah dan berbagai lembaga yang berada di bawah kekuasaannya memerlukan informasi mengenai alokasi sumber daya. Misalnya menetapkan kebijakan pajak, dan sebagai dasar penyusunan statistik pendapatan nasional.
  • Masyarakat yakni Kepada masyarakat, perusahaan dapat memberikan kontribusi yang penting pada perekonomian nasional. Misalnya, perusahaan mempekerjakan anggota masyarakat pada perusahaannya.

PERSAMAAN AKUNTANSI 

Persamaan dasar akuntansi adalah suatu persamaan di mana satu sisi mencatat kekayaan dan di sisi lain mencatat sumber kekayaan dalam jumlah yang sama.
Rumus Persamaan Akuntansi :

persamaan akuntansi
  • HARTA atau AKTIVA Yaitu semua kekayaan perusahaan , baik bersifat nyata maupun tidak nyata yang merupakan milik perusahaan yang bersangkutan sebagai jaminan atas kelangsungan hidup perusahaan
  • KEWAJIBAN atau UTANG Yaitu segala sesuatu yang harus dilunasi oleh perusahaan yang bersangkutan kepada pihak-pihak ketiga akibat transaksi masa lalu.
  • MODAL Yaitu segala harta dan kekayaan milik pribadi pemilik perusahaan yang disetorkan atau dimasukkan kepada perusahaan oleh pemilik perusahaan.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi modal, yaitu sebagai berikut :
1. Hal-hal yang menambah jumlah modal, yaitu :

  • Investasi Pemilik
  • Pendapatan yang diterima perusahaan.

2. Hal-hal yang mengurangi jumlah modal, yaitu :

  • Penarikan atau pengambilan dana pemilik ( Prive )
  • Biaya/beban yang dikeluarkan perusahaan

CONTOH TRANSAKSI AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA

Tuan Takur mendirikan perusahaan Jasa pada tanggal 1 Agustus 2013 dengan nama Perusahaan SMANPAS.Transaksi yang terjadi selama bulan Agustus yakni sebagai berikut ;
  1. Tuan Takur menginvestasikan dananya sebagai modal perusahaan sebesar Rp50.000.000,00
  2. Perusahaan membeli tanah sebesar Rp20.000.000,00 secara tunai
  3. Perusahaan membeli peralatan sebesar Rp10.000.000,00 secara tunai dan perlengkapan sebesar Rp5.000.000,00 secara kredit
  4. Pada pertengahan Agustus perusahaan menerima pendapatan Jasa sebesar Rp18.000.000,00 secara Tunai
  5. Selama bulan Agustus perusahaan mengeluarkan beban-beban sebagai berikut :Upah karyawan Rp1.500.000,00; Sewa Rp500.000,00; Iklan Rp250.000,00
  6. Perusahaan membayar sebagian utangnya kepada kreditor  sebesar Rp3.750.000,00
  7. Pada minggu ketiga Agustus, perusahaan menerima pendapatan jasa sebesar Rp20.000.000,00 yang akan diterima kemudian
  8. diakhir Agustus, diketahui perlengkapan yang tersisa sebesar Rp3.500.000,00
  9. Pada akhir Agustus perusahaan menerima pelunasan piutang usaha sebesar Rp7.500.000,00
  10. Tuan Takur mengambil uang dari kas perusahaan sebesar Rp2.500.000,00 untuk kepentingan pribadinya.
contoh akuntansi perusahaan jasa
baca juga :

54 Replies to “Definisi Dan Informasi Akuntansi”

  1. Walaikumsalam wr.wb
    terima kasih pak, yang selalu memberikan kami pengetahuan. dan lamjutkan berkarya demi kemajuan generasi bangsa.
    anas salim ips 1

  2. Manajemen berkaitan langsung dan sangat membutuhkan informasi keuangan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *