MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

Belajar Matematika Dengan Mudah dan Efektif

Belajar Matematika Dengan Mudah dan Efektif

Untuk sebagian besar siswa, pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang tidak disukai. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan matematika tidak disukai oleh mereka. Salah satunya adalah mata pelajaran matematika mengharuskan siswa untuk menghafal beberapa rumus dalam menjawab sebuah soal. Dalam hal ini, sudah diharuskan untuk menghitung soal serta harus menghafal berbagai jenis rumus pula. Namun anda para siswa khususnya, tidak perlu khawatir, dibawah ini akan kita bahas mengenai cara belajar matematika dengan mudah dan efektif. Perlu diperhatikan pembelajaran Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi pokok utama terutama bagi siswa IPA bahkan matematikan menjadi pilihan yang baik bagi jurusan perkuliahan.

Teknik Belajar Matematika Dengan Mudah dan Efektif

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa matematika itu susah. Bahkan beberapa siswa sampai anti dengan pelajaran yang satu ini. Di pikiran mereka matematika merupakan pelajaran menghitung dalam berbagi bentuk angka yang ditambahkan dengan beragam rumus. Sehingga mereka harus memutar otak untuk menyelesaikan soal-soal matematika.

Namun sebenarnya pola pikir tersebut tidak sepenuhnya benar. Asal anda mau belajar, maka semua hal dapat menjadi mudah. Pernahkah anda mencoba cara cepat menghitung perkalian dalam waktu hanya 5 detik saja? Mungkin dalam pikiran anda dalam hitungan menit saja belum tentu akan memperoleh jawabannya, apalagi menghitung hanya dalam hitungan detik. Adanya pemikiran tersebut menandakan bahwa anda belum menguasai dasar perkalian.

Tips Belajar Matematika dengan Mudah

Modal belajar matematika adalah menghitung dengan menggunakan rumus yang tepat. Dalam menghafalkan rumus matematika, sebenarnya tidaklah terlalu sulit jika anda sudah tahu bagaimana caranya. Sebagai salah satu dasar adalah anda hanya perlu mengetahui cara menghitung matematika secara cepat.

Lain halnya dengan pelajaran bahasa Indonesia, bukan seberapa panjang soal yang pada umumnya berbentuk cerita panjang serta harus benar-benar anda baca, pahami, dan cermati. Dalam menjawab soal bahasa Indonesia, anda harus membaca soal dengan baik serta menganalisa soal yang kemudian akan menemukan jawabannya.

Terutama jika pilihan jawaban yang disediakan hampir mirip, maka anda harus menelaah makna serta maksud dari soal tersebut. Hal ini bertujuan untuk memperoleh jawaban yang benar-benar benar dan tepat.

Terdapat banyak cara yang membuat belajar matematika menjadi lebih mudah. Dengan beberapa cara mudah tersebut, anda akan dapat merubah mindset mengenai proses belajar matematika dan pada akhirnya anda akan merasa bahwa belajar matematika adalah hal yang cukup mudah.

Berikut ini adalah beberapa cara belajar matematika dengan mudah dan efektif:

Konsisten Dalam Belajar

Konsisten merupakan salah satu hal penting dalam beberapa hal, begitu pula dalam belajar matematika. Dalam belajar matematika, hendaknya tidak perlu terlalu lama. Akan tetapi, disarankan untuk anda agar selalu konsisten dalam belajar. Anda perlu menghindari cara belajar yang mengharuskan untuk belajar semalaman sebelum ulangan atau biasa disebut dengan istilah Sistem Kebut Semalam. Hal ini selain tidak efektif, anda juga akan mudah lelah. Karena hal ini akan membuat anda begadang semalaman yang justru akan menguras jam istirahat anda.

Memahami Soal

Memahami soal adalah hal penting yang perlu anda perhatikan untuk dapat belajar matematika secara mudah. Telah diketahui dalam setiap soal matematika sudah didesain sedemikian rupa oleh penyusunnya serta akan selalu ada jawabannya. Di sini tugas anda adalah mencari rumus serta proses yang tepat untuk menjawab soal tersebut.

Perlu anda ketahui dalam menjawab soal matematika, anda tidak hanya dituntut untuk menjawab soal tersebut secara tepat dan benar. Namun hal tersebut harus melewati proses pengerjaan secara runtut untuk memperoleh jawaban yang tepat.

Akan terjadi kerancuan jika anda menjawab soal matematika tersebut dengan benar, akan tetapi melalui proses yang tidak benar. Hal ini selain melatih fokus, anda juga dituntut untuk melatih kesabaran dalam mengerjakan soal matematika.

Jangan Takut Salah

Dalam hal ini, cobalah untuk mengerjakan soal sendiri, percaya pada diri anda sendiri serta lebih optimis bahwa anda bisa menyelesaikan soal matematika tersebut. Jika jawaban anda masih salah, jangan cepat minder. Jadikan kesalahan tersebut sebagai motivasi untuk anda agar terus belajar memahami pelajaran matematika dengan lebih giat lagi.

Buat Catatan Kecil dan Ringkasan Materi

Kedua langkah ini sangat memudahkan anda dalam memahami pelajaran matematika. Dalam catatan tersebut, buat semenarik mungkin agar anda tidak cepat bosan saat mempelajarinya.

Ubah Cara Belajar Lebih Menyenangkan

Jika cara belajar anda setiap harinya cukup membosankan, maka anda dapat belajar dengan menggunakan gadget. Dengan perangkat tersebut, anda dapat mencoba beberapa jenis latihan soal matematika atau bisa melihat tutorial matematika yang ada di YouTube.

Belajar Bersama Teman-Teman

Belajar serta berlatih soal bersama teman-teman secara kontinue akan menambah daya ingat anda pada saat memperoleh soal matematika yang sama pada sebuah ulangan atau ujian. Bersama teman-teman, anda akan lebih termotivasi untuk belajar matematika dengan lebih semangat dan gembira. Semakin anda bersama teman-teman berlatih mengerjakan soal matematika, maka anda dan teman-teman akan semakin memperoleh beragam variasi soal serta cara mengerjakannya.

Tidak Malu Bertanya

Dalam berlatih mengerjakan soal matematika bersama teman-teman, apabila anda mengalami kesulitan, maka anda tidak usah malu untuk bertanya kepada guru atau teman yang lebih tahu atau paham. Anda dapat mulai bertanya mengenai pelajaran matematika kepada siapa saja. Hal ini tentu dapat memudahkan anda dalam belajar matematika.

Pelajari Kembali Materi dari Sekolah

Sepulang dari sekolah, anda dapat mengulang kembali pelajaran matematika yang telah anda peroleh dari sekolah. Dengan mengingat kembali materi matematika dari sekolah, maka anda akan lebih mudah ingat mengenai materi atau soal yang didapat dari sekolah tadi.

Pelajari Rumus atau Penyelesaian Dari Setiap Soal

Ikuti petunjuk yang telah diberikan oleh guru di sekolah. Cermati dan teliti dalam mengerjakan soal-soal latihan matematika. Langkah ini dapat memberikan kemudahan bagi anda dalam menghadapi soal matematika berikutnya.

Percaya Diri

Dalam mengerjakan soal matematika, disarankan untuk lebih percaya diri. Biasakan berdiskusi dengan teman jika anda mengalami kesulitan.

Baca Buku Referensi

Jika anda masih merasa kesulitan dalam belajar matematika, maka cara belajar matematika dengan mudah dan tepat adalah dengan membiasakan membaca buku atau referensi lain. Hal ini tentunya akan mempermudah anda dalam memahami matematika.

Mengikuti Les Tambahan Matematika

Banyak siswa yang mengikuti les tambahan pelajaran matematika pada lembaga bimbingan belajar untuk memperoleh tips serta trik belajar matematika secara lebih mudah. Mereka menganggap penguasaan matematika adalah hal penting karena pelajaran matematika termasuk salah satu pelajaran yang penting untuk diterapkan dalam sehari-hari.

Dengan mengikuti beberapa cara belajar matematika dengan mudah di atas, maka anda dapat menjadikan pelajaran matematika sebagai salah satu pelajaran yang cukup menyenangkan. Anda tidak akan lagi merasa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika. Selain itu, anda dapat mengoptimalkan belajar matematika dengan selalu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bersama teman-teman anda.

MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

5 Replies to “Belajar Matematika Dengan Mudah dan Efektif”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *