MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula Efektif dan Mudah

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa Internasional. Hal ini dikarenakan bahasa Inggris adalah bahasa tertua di dunia. Bahasa Inggris berasal dari Britania dari abad ke-8. Kosakata bahasa Inggris mengalami perkembangan yang sangat cepat. Berdasarkan penelitian dari Harvard University menyatakan bahwa setidaknya terdapat 8500 kosakata baru pada setiap tahunnya. Dalam hal ini, bagi anda yang ingin belajar bahasa Inggris secara mudah, di sini akan kita bahas mengenai cara belajar bahasa Inggris untuk pemula secara mudah.

Selain itu, negara Inggris terkenal dengan negara maju di dunia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya inovasi yang berasal dari berbagai negara di Inggris serta majunya tingkat pengetahuan mereka. Maka bahasa Inggris dijadikan sebagai bahasa internasional. Negara Inggris adalah negara dengan rekor menjajah negara terbanyak. Secara otomatis, bahasa dari si penjajah banyak dipakai oleh orang-orang di negara yang dijajah.

Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Dalam melakukan segala sesuatu, harus dilakukan dari dasar. Salah satunya dalam belajar bahasa Inggris bagi pemula. Apabila anda telah mengetahui dasar-dasar bahasa Inggris, maka anda dapat dengan mudah untuk belajar bentuk kalimat yang kian kompleks. Mulai dari belajar bentuk kata dasar, jenis kalimat, cara pengucapan, hingga cara penulisan. Jika anda telah memahami dasar-dasar itu, maka akan lebih cepat untuk memahami materi berikutnya.

Bahasa Inggris memang jenis bahasa negara yang cukup sulit dipelajari jika pemahaman dasarnya kurang dikuasai dengan baik. Akan tetapi, bagi anda yang sudah paham betul, maka belajar bahasa Inggris akan terasa jauh lebih mudah.

Berikut ini beberapa tips belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat bagi pemula:

Mulai dengan Materi Paling Dasar

Materi dasar dalam belajar bahasa Inggris antara lain alphabet, bentuk kata (tenses), menulis (writing), membaca (reading), mendengarkan (listening), kosakata, serta membaca dongeng cerita anak-anak dalam bentuk bahasa Inggris. Hal tersebut merupakan hal dasar yang sangat penting bagi pemula. Selain itu, anda juga dapat mempelajari tenses dari Simple Present Tense.

Hal dasar lain yang sangat penting dalam mempelajari bahasa Inggris adalah mengenai alphabet yang dapat membantu anda dalam meningkatkan keterampilan berbicara dengan bahasa Inggris. Kosakata dari membaca atau mendengar cerita anak akan memberikan pengetahuan serta keterampilan yang cukup meningkat bagi anda.

Mempelajari Grammar

Salah satu cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang paling utama adalah dengan memahami grammar. Grammar adalah tata bahasa yang mempunyai fungsi yang sama dalam bahasa Indonesia. Maka dapat anda bayangkan, jika sebuah kalimat dibentuk tanpa menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Oleh karena itu, dengan menguasai grammar, dapat memberikan penguasaan terhadap tata bahasa mengenai cara berkomunikasi dengan efektif, terutama dalam bahasa Inggris.

Jangan Menghafalkan Kosakata

Sangat tidak dianjurkan menghafal kosakata bagi para pemula. Hal ini dikarenakan dalam penggunaan sehari-hari, berkomunikasi adalah dengan menggunakan kalimat bukan dengan menggunakan kosakata. Belajar bahasa Inggris dengan tujuan agar terampil dan mahir dalam berkomunikasi, maka belajar dengan cara menghafal kosakata bahasa Inggris adalah cara yang kurang efektif. Cara yang tepat adalah dengan menggunakan kosakata-kosakata yang telah anda pelajari untuk membuat kalimat yang sederhana. Sealnjutnya, berlatihlah untuk mengucapkan kalimat yang telah anda buat tersebut secara berulang-ulang.

Mendengarkan (Listening)

Cara belajar bahasa Inggris dengan mudah dan mengasyikkan adalah dengan mendengarkan atau listening. Hal ini dapat anda lakukan dengan cara menonton film British, video, lagu, atau audio lainnya. Awalnya anda dapat menonton film favorit anda dengan subtitle. Hal ini bertujuan agar anda lebih paham dengan jalan ceritanya.

Selanjutnya anda dapat melihat film yang tanpa adanya subtitle. Di sini anda perlu memasang pendengaran sebaik mungkin serta mencoba memahami apa yang disampaikan oleh para tokoh dalam film yang anda lihat. Bagi anda yang suka dengan aplikasi YouTube, maka anda dapat mendengarkan English Video.

Dalam video ini, pada umumnya jarang menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Maka anda dapat praktek listening dengan menggunakan video dari YouTube. Cara ini dinilai sangat pas dalam meningkatkan keterampilan dalam berbahasa Inggris secara lebih cepat. Jangan hanya menikmati musiknya saja, akan tetapi coba pahami apa yang diucapkan oleh sang penyanyi.

Membaca (Reading)

Anda dapat memulainya dengan membaca buku cerita bergambar seperti pada dongeng anak-anak yang akan membuat anda lebih mudah dalam mengingat kosakata yang terdapat di dalam buku cerita tersebut. Dengan membaca, dapat meningkatkan keterampilan membaca secara cepat sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.

Anda juga dapat membaca cerita pendek. Baca buku cerita tersebut dengan suara yang lebih keras sehingga anda dapat mendengar suara anda sendiri secara lebih baik. Dengan langkah ini, anda dapat sekaligus memperhatikan susunan kata serta tata bahasa yang digunakan dalam buku cerita yang anda baca. Metode belajar ini dapat anda lakukan secara konsisten sebagai contoh dapat anda lakukan setiap hari selama 30 menit.

Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula dengan Speaking

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan sebagai pemula dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan berpikir serta berbicara dalam bahasa Inggris. Dengan praktek speaking atau berbicara bahasa Inggris adalah suatu hal yang wajar.

Secara tidak sadar kita sering menerjemahkan dialog bahasa Inggris, entah dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya yang biasa disebut dengan metode translation. Perlu anda ketahui, cara tersebut bukanlah cara efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris anda. Hal yang perlu anda perhatikan adalah “think in English” .

Hal ini berarti anda perlu berlatih untuk berpikir dalam bahasa Inggris. Cara ini terbukti dapat membuat otak anda terbiasa untuk mengolah sesuatu dalam penggunaan bahasa yang baru. Ketika berkomunikasi pun anda akan memiliki respon yang cepat tanpa harus menterjemahkan bahasa tersebut.

Cara berpikir dalam menggunakan bahasa asing, anda hanya perlu meluangkan waktu serta melatih diri dalam berpikir saat menggunakan bahasa tersebut. Atau dengan kata lain anda dapat memberi waktu pada diri anda untuk terbiasa melakukan hal tersebut. Ini merupakan salah satu cara efektif dalam upaya meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris anda.

Writing

Dalam hal ini, anda perlu mengenal creative writing yang merupakan jenis penulisan yang berada di luar ketentuan jurnalistik atau tulisan ilmiah. Di sini anda dapat menulis sebebasnya sesuai dengan imajinasi anda. Anda dapat menulis dengan cerita yang paling mudah sebagai contoh pengalaman yang menyenangkan atau sebaliknya.

Menulis kegiatan sehari-hari yang dapat anda tulis pada buku harian. Dalam kegiatan ini, anda dapat berkreasi dengan menggunakan kosakata yang telah anda pahami. Anda juga tidak harus terbebani dengan adanya grammar. Hal yang jelas, tulis apa saja yang ada di pikiran anda. Selanjutnya, anda dapat memperhatikan grammar dan ejaan tanpa adanya batasan jumlah kata.

Dengan memahami serta mengikuti cara belajar bahasa Inggris untuk pemula di atas, maka anda akan secara mudah dalam meningkatkan ketrampilan bahasa Inggris yang anda pelajari. Selain itu, anda dapat membangun serta memelihara koneksi dengan beberapa orang yang berkompeten agar mempermudah anda dalam belajar bahasa Inggris.

Silahkan Baca Juga :

Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah dan Cepat

8 Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Menyenangkan

MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

3 Replies to “Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula”

  1. Bahasa Inggris memang jenis bahasa negara yang cukup sulit dipelajari jika pemahaman dasarnya kurang dikuasai dengan baik. Akan tetapi, bagi anda yang sudah paham betul, maka belajar bahasa Inggris akan terasa jauh lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *