MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah

Belajar bahasa Inggris tentu saja menjadi proses pembelajaran yang sangat menyenangkan. Namun, bagi sebagian besar orang, belajar bahasa Inggris merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Bila anda adalah salah satunya, maka perlu tahu cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami.

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, jangan hanya mengandalkan kemampuan berbahasa Indonesia saja. Terutama dalam segi berkomunikasi dengan orang lain.

Kita juga sangat dianjurkan untuk memiliki keahlian berbahasa asing, seperti bahasa Inggris. Sebab, bahasa Inggris ini merupakan bahasa internasional yang selalu dibutuhkan dalam berbagai situasi maupun kondisi.

Seperti halnya, menempuh pendidikan ke luar negeri, meeting dengan klien, presentasi, hingga interview kerja. Dengan kata lain, di dunia kerja, kemampuan berbahasa Inggris sudah menjadi nilai plus tersendiri.

Cara Belajar Bahasa Inggris

Di zaman yang serba cepat ini, dengan menguasai bahasa Inggris maka semakin memberikan kemudahan bagi kita untuk menjalani kehidupan. Kehidupan sosial kita dapat meningkat karena semakin luasnya pertemanan dan hubungan dengan orang lain.

Tak terkecuali dengan investor asing, wisatawan asing, dan lain sebagainya. Saking pentingnya bahasa Inggris ini, di setiap jenjang pendidikan pun diberlakukan.

Dimana dengan tujuan untuk mendalami dasar bahasa Inggris dan mengasah kemampuan. Selain belajar bahasa Inggris di bangku sekolah, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk lebih mudah memahami dan cepat menguasai bahasa Inggris.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya untuk anda. Mari kita simak bersama-sama!

Mempelajari Kata-Kata Bahasa Inggris Dasar

Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami adalah dengan mempelajari kata-kata bahasa Inggris dasar terlebih dahulu. Hal ini merupakan persiapan yang baik sebelum anda memulai menerapkan kebiasaan berbahasa Inggris.

Dengan memahami setiap kata dasarnya, maka kita tidak akan kesulitan dalam berkomunikasi. Terutama untuk mengerti apa yang disampaikan oleh orang lain.

Selain itu, kita juga akan lebih fasih dan lancar ketika berbahasa Inggris tanpa melakukan kesalahan pengucapan kata maupun kalimat. Perkataan kita pun akan mudah dipahami oleh orang lain.

Kata-kata bahasa Inggris dasar ini merupakan kata-kata sederhana yang sering digunakan di dalam percakapan sehari-hari. Seperti halnya kata tunjuk, aku, dia, kamu, serta kata-kata lain yang umum digunakan saat percakapan.

Menonton Film Tanpa Menggunakan Subtitle

Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami berikutnya adalah dengan menonton film tanpa menggunakan subtitle. Cara ini sangat efektif dan efisien untuk digunakan.

Sebab, sembari kita menikmati tayangan film tersebut, juga lebih mudah untuk memahami percakapannya. Bila biasanya selalu menggunakan subtitle untuk lebih memahami percakapan tokoh-tokohnya, mulai sekarang coba untuk menonaktifkan subtitlenya.

Jika masih kurang mengerti dengan apa yang dibicarakan oleh para tokoh, coba untuk mencarinya di kamus. Ada banyak film seru yang bisa kita lihat untuk memudahkan belajar bahasa Inggris. Seperti halnya Incredibles, Skyscraper, atau juga bisa menonton Ant-Man and the Wasp.

Sering Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris Kemudian Tulis Liriknya

Sering mendengarkan lagu bahasa Inggris yang kemudian menulis liriknya merupakan salah satu cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami. Cara ini tak hanya membuat anda cepat dalam menguasai bahasa Inggris saja, melainkan juga bisa sambil santai dan rileks.

Bahkan juga dapat menambah tingkat kesensitifan telinga kita terhadap bahasa Inggris. Terutama dapat mengasah kemampuan listening kita.

Mengingat perkembangan teknologi yang sudah semakin canggih, membuat kita lebih mudah dalam mengunduh lagu berbahasa Inggris. Apalagi kita bisa juga memilih lagu sesuai dengan idola maupun penyanyi terpopuler.

Bagi para pecinta musik, belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan musik tentu saja menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Pastikan bahwa anda tidak hanya mendengar lagunya saja.

Namun, dengarkan dan pahami baik-baik lirik lagunya, kemudian catat ke dalam note ataupun gadget. Setelah anda sudah selesai mencatat lirik lagu tersebut, cobalah untuk mengecek di internet.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah lirik lagu tersebut benar atau salah. Kemudian coba untuk membuat target dan pencapaian.

Seberapa banyak kata yang benar dan yang salah. Dengan begitu, kita dapat mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki.

Membuat Kamus Berisi Kosakata

Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami berikutnya yaitu membuat kamus yang berisi kosakata. Cara ini dapat dilakukan ketika kita tidak mengerti dengan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Dengan membuat kamus sendiri, bisa sekaligus untuk memudahkan kita mengingatnya. Bahkan kita juga bisa tahu, kata mana yang paling sulit untuk kita ingat.

Jika dirasa perlu, coba tuliskan juga definisi dan pengertian dari kata tersebut ke dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, pemahaman kita akan semakin bertambah.

Penguasaan bahasa Inggrisnya pun juga lebih luas lagi. Tidak serta merta harus menggunakan kertas. Kita dapat membuatnya di notes ponsel atau di notebook. Sehingga memberikan kemudahan untuk membawanya kemanapun dan kapanpun juga.

Sering Membaca Literatur Berbahasa Inggris

Sering membaca literatur berbahasa Inggris juga dapat dijadikan sebagai cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami. Namun, pada dasarnya, membaca ini bukanlah kebiasaan kebanyakan orang Indonesia.

Meskipun tidak suka, kita harus berupaya untuk membiasakannya. Sebab, cara ini sangatlah penting terutama untuk meningkatkan kemampuan membaca atau reading.

Dengan memulai untuk belajar membaca literatur apapun yang berkaitan dengan bahasa Inggris, itu tandanya juga menggali pemahaman yang lebih luas lagi. Maka dari itu, jangan pernah lelah untuk membaca.

Rajin Berbicara dengan Orang Lain Menggunakan Bahasa Inggris

Sering berbicara dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris, membuat kita semakin terlatih dan juga fasih berbahasa Inggris. Mulailah untuk mengajak keluarga, teman, rekan kerja, maupun siapa saja untuk berbicara bahasa Inggris di keseharian.

Ini merupakan salah satu cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami. Selain itu, orang yang kita ajak berbicara bahasa Inggris ini juga dapat menjadi guru bagi kita.

Bila ada sebuah kesalahan, mereka akan mengingatkan kita dan memperbaiki kesalahan tersebut. Sehingga, kita akan semakin mudah untuk belajar bahasa Inggris.

Penting untuk selalu diingat, practice makes perfect. Dengan selalu terus berlatih, kita akan menjadi terbiasa untuk mengembangkan dan mengoptimalkan kemampuan berbahasa Inggris.

Tidak hanya menonjolkan dan mengasah kemampuan speaking, saja melainkan juga listening. Selain itu, bukan hanya melalui percakapan secara langsung saja, kita juga bisa memanfaatkan smartphone yang dimiliki untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Cobalah untuk chatting dengan bahasa Inggris bersama teman maupun orang terdekat lainnya. Bisa dimulai dengan sapaan hangat sederhana.

Kemudian mendiskusikan hal-hal kecil yang disukai agar obrolan yang dilakukan bisa berjalan dengan mengalir.

Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami juga bisa menuliskan caption di potingan foto sosial media. Tentunya dengan kata maupun kalimat bahasa Inggris yang sopan.

MULYADI AZIS Guru SMA negeri 6 selayar

7 Replies to “Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah Dan Cepat”

  1. Cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan mudah dipahami adalah dengan mempelajari kata-kata bahasa Inggris dasar terlebih dahulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *